Ketua Timses Jokowi Sebaiknya Tokoh Muda Islam

Whisnu Mardiansyah    •    Minggu, 12 Aug 2018 22:55 WIB
pilpres 2019Jokowi-Ma`ruf
Ketua Timses Jokowi Sebaiknya Tokoh Muda Islam
Pasangan Joko Widodo-Ma'ruf Amin menjalani menjalani tes kesehatan didampingi putra bungsunya Jokowi, Kaesang Pangarep. Foto: Medcom.id/Ilham Wibowo.

Jakarta: Koalisi partai politik pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin masih mematangkan komposisi susunan tim sukses dan pemenangan Pilpres 2019. Ketua Timses Jokowi diharapkan sosok muda dan mewakili kalangan Islam. 

"Saya kira sebaiknya ketua timses punya elemen warna hijau, lagi-lagi untuk bisa jawab isu sara," kata Pengamat Politik Indobarometer M.Qodari di acara Primetime News Metro TV, Minggu, 12 Agustus 2018.

Qodari menilai posisi Ma'ruf Amin sebagai cawapres masih belum cukup membentengi isu sara. Untuk itu, ketua timses dari kalangan Islam nantinya memiliki tugas menangkis segala macam isu sara yang menyerang Jokowi saat masa kampanye nanti. 

"Jadi ibarat pertarungan sepakbola itu yang namanya bek ada dua, bek kiri dan kanan sama-sama dia jawab isu yang sama," ujarnya.

Selain mewakili kalangan Islam, ketua timses juga diharapkan diemban oleh sosok muda. Ada kekhawatiran ketika Jokowi memilih Ma'ruf Amin sebagai pendampingnya pemilih dari kalangan usia muda beranjak pergi.

(Baca: TGB dan Mahfud Berpeluang Masuk Timses Jokowi-Ma'ruf)

"Karena lihat figur Ma'ruf Amin yang sudah sangat senior," ucapnya. 

Meski begitu, Qodari yakin suara Jokowi dari kalangan pemilih muda tak pergi. Apalagi, gaya komunikasi Jokowi dalam beberapa kesempatan banyak menggandeng kalangan milenial.

"Tetapi kalau timsesnya juga orang muda akan lebih mudah jangkau kalangan milenial," pungkasnya.


(JMS)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

7 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA