Pilkada Serentak 2017

Koalisi Kekeluargaan Sepakat Head to Head Lawan Ahok

Dheri Agriesta    •    Kamis, 22 Sep 2016 12:52 WIB
pilgub dki 2017
Koalisi Kekeluargaan Sepakat <i>Head to Head</i> Lawan Ahok
Sandiaga Uno. Foto: Antara/Muhammad Adimaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai politik yang tergabung dalam Koalisi Kekeluargaan sepakat hanya mengusung satu pasangan calon untuk menghadapi Gubernur petahana DKI Jakarta Basuki `Ahok` Tjahaja Purnama di Pilkada DKI 2017.
 
Bakal calon gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno memastikan, hanya ada dua pasangan calon yang bertarung di Pilkada DKI.
 
"Sudah disepakati hanya ada dua pasangan calon," kata Sandiaga di Posko Pemenangan Sandi, Jalan Melawai, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (22/9/2016).
 
Kesepakatan ini, kata Sandiaga, sesuai aspirasi warga Jakarta. Menurut Sandi, survei internal yang dilakukan memperlihatkan mayoritas warga Jakarta menginginkan dua pasangan calon yang bertarung di Pilkada DKI.


 
Dua pasangan calon yang bertarung juga memberi keuntungan bagi masyarakat. Sandi mengatakan, pilkada dapat diselenggarakan seefisien mungkin dengan anggaran yang tak terlalu bengkak.
 
Rabu malam, empat partai politik yang tergabung dalam koalisi kekeluargaan bertemu di kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di Puri Cikeas. Sementara PKS dan Partai Gerindra berkumpul di tempat lain.
 
"Karena keterbatasan logistik, jarak yang terlalu jauh, pertemuan dihubungkan dengan sambungan telepon," kata Sandi.
 
Pertemuan itu belum memunculkan nama pasangan yang akan diusung. Menurut Sandi, Koalisi Kekeluargaan masih membahas sejumlah nama yang dipertimbangkan, termasuk Anies Baswedan. Sandi menilai, seluruh partai politik dalam koalisi sepakat Jakarta butuh sosok baru.
 
Setelah melakukan pertemuan hingga tengah malam, pimpinan empat partai politik memutuskan untuk melakukan pertemuan lanjutan. Keputusan pasangan yang akan diusung akan dikeluarkan siang ini.


 


(FZN)

Video /