Mendikbud: Kami Ingin Bangun Indonesia dari Pinggiran

Nur Azizah    •    Kamis, 25 Aug 2016 13:02 WIB
mendikbud
Mendikbud: Kami Ingin Bangun Indonesia dari Pinggiran
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy--MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Pendidikan menjadi pondasi dalam membangun negara. Ironisnya, masih banyak daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) belum tersentuh pendidikan.

Mendapati itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat program Sarjana Mendidik di Daerah 3T. Mendikbud Muhadjir Effendy mengatakan, program tersebut upaya untuk menyejajarkan pendidikan di daerah 3T.

"Kami ingin membangun Indonesia dari pinggiran. SM-3T ini upaya meningkatkan mutu pendidikan agar bisa maju bersama-sama," kata Muhadjir dalam acara pelepasan peserta SM-3T, Jakarta Pusat, Kamis (15/8/2016).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy--Metrotvnews.com/Nur Azizah.

Program SM-3T ditujukan untuk para sarjana pendidikan yang belum bertugas sepagai guru ataupun PNS. Tahun ke enam ini, ada sebanyak 3.000 calon guru yang akan disebar ke seluruh Indonesia.

Muhadjir menyampaikan, selain untuk memeratakan mutu pendidikan, SM-3T juga sebagai wadah calon guru memenuhi kebutuhan pendidik di setiap daerah di seluruh Indonesia. "Calon guru ini untuk mensinergikan dan menyukseskan pendidikan negara. Untuk mmebangun negara," papar Muhadjir.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy--Metrotvnews.com/Nur Azizah.

Para calon guru akan ditempatkan di 56 kabupaten di daerah 3T. Mereka yang terpilih akan mengabdi selama satu tahun.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang itu berharap, selain mengajar, para calon guru juga membangun dan mengembangan masyarakat.


(YDH)