KPU Kembalikan Berkas PDI Perjuangan dan PSI

LB Ciputri Hutabarat    •    Kamis, 12 Oct 2017 12:46 WIB
pemilu serentak 2019
KPU Kembalikan Berkas PDI Perjuangan dan PSI
Komisioner KPU Hasyim Asy'ari menyampaikan paparan dalam Uji Publik Rancangan Peraturan KPU, di Jakarta, Selasa (15/8/2017). Foto: Antara/Puspa Perwitasari

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengembalikan berkas dua partai politik, yakni Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kedua berkas belum lengkap.

"Kalau ada partai mendaftar dokumen persyaratan harus lengkap. Kalau belum konsekuensinya harus dilengkapi dulu," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Oktober 2017.

Hasyim menjelaskan, PDI Perjuangan dan PSI harus membawa kembali dokumen dengan posisi lengkap dalam masa waktu pendaftaran. KPU akan melayani di detik-detik akhir penutupan pendaftaran pada Senin, 16 Oktober mendatang.

"Ya sebisa mungkin sebelum batas waktu akhir lah. Saya enggak mau komentar dulu karena itu kan sesuatu yang belum aktual," jelas dia.

Baca juga:  Baru Dua Parpol yang Daftar ke KPU

KPU sudah memiliki sistem histori lengkap terkait pendaftaran partai politik. Sistem ini dibuat untuk meminimalisir kesalahan pendaftaran atau pendataan di KPU.

"Ada ceklisnya ya ditunjukkan. Bagian mana yang belum lengkap supaya jadi alat kontrol kalau partai mau melengkapi itu," kata dia.

 


(MBM)