Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Bertanggung Jawab Kepada Presiden

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 11 Jan 2018 01:16 WIB
pancasila
Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Bertanggung Jawab Kepada Presiden
Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Foto: MI/Ramdani

Jakarta: Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sepenuhnya bertanggung jawab kepada Presiden, jika sudah melebur dari Unit Kerja Presiden Pembinaan Ideologi Pancasila (UKP PIP). Pasalnya, badan tersebut akan setingkat kementerian.

"Nah sekarang ini setelah menjadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila sepenuhnya bertanggung jawab kepada Presiden tidak melalui Menko atau setingkat menteri siapapun. Sehingga, dewan pengarah dan kepala dewan pengarah posisinya itu setingkat menteri," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 10 Januari 2018.

Pramono menjelaskan, dengan posisi tersebut, pimpinan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila punya kewenangan untuk berkoordinasi dengan kementerian lain.

Baca: UKP PIP Jadi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila

"Kalau kemarin itu kedudukannya tidak setingkat menteri. Apalagi sudah di bawah Presiden sehingga operasionalnya akan semakin baik," ucap dia.

Politikus PDI Perjuangan itu pun memastikan perubahan ini tak terlalu berpengaruh terhadap anggaran. Yang pasti, kata dia, badan ini dibutuhkan untuk menjaga ideologi negara dalam jangka panjang.

"Anggaran tidak terlalu berubah banyak tetapi ideologi ini sangat diperlukan untuk jangka panjang," kata dia.


(JMS)