AHY akan Sowan ke Mega

M Sholahadhin Azhar    •    Minggu, 11 Mar 2018 14:58 WIB
partai demokratpilpres 2019
AHY akan Sowan ke Mega
Direktur Eksekutif The Yudhoyono Institute (TYI) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyampaikan kuliah umum di Gedung Universitas Malikussaleh, Lhokseumawe, Aceh. Foto: Antara/Rahmad.

Jawa Barat: Ketua Komando Tugas Bersama (Kogasma) Pemenangan Pemilu Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono akan bertemu dengan Ketua Umum (Ketum) PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Pertemuan itu ditujukan untuk membuka koalisi terkait Pilpres 2019. 

"Mas AHY sudah ketemu dengan (Presiden) Pak Jokowi, dengan Pak Prabowo (Ketum Partai Gerindra) juga sudah. Tinggal mencari waktu dengan Bu Mega dan ketum partai lain juga melakukan pembicaraan," kata politikus Demokrat Andi Mallarangeng di Sentul, Jawa Barat, Minggu, 11 Maret 2018.

Menurut dia, 'gerilya' dari AHY adalah esensi demokrasi yang diimplementasikan Partai Demokrat. Partainya yang berada di tengah ingin membuka kesempatan bekerja sama dengan partai lain. 

Saat ini, Demokrat tengah melihat berbagai kesempatan berkoalisi. Andi mengaku tak bisa membeberkan dengan partai mana pihaknya akan merapat. Pasalnya, masih ada beberapa bulan sebelum pencalonan.

Baca: Demokrat Enggan Jemawa atas Pernyataan Jokowi

"Yang jelas Pak SBY (Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono) sudah katakan, Partai Demokrat akan mengusung capres dan cawapres. Siapa itu, kita belum tahu," kata Andi.

Ada prasyarat koalisi tersendiri dari SBY yakni: visi misi, kesamaan platform, dan kepercayaan. Andi menyebut partainya siap bekerja sama asalkan ketiga syarat dipenuhi. 

"Kami partai tengah, siap bekerja sama dengan parpol-parpol. Termasuk seperti yang dibilang Pak SBY, jika ditakdirkan Allah bisa bekerja sama dengan Pak Jokowi. Tapi, kita lihat apakah ketiga syarat itu bisa dipenuhi atau tidak," kata Andi.





(OGI)