KPU Mulai Desain Surat Suara Pemilu 2019

Siti Yona Hukmana    •    Selasa, 13 Mar 2018 17:30 WIB
pilpres 2019pemilu serentak 2019
KPU Mulai Desain Surat Suara Pemilu 2019
Komisioner KPU Hasyim Asyari - Medcom.id/Intan Yunelia

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai mempersiapkan desain surat suara untuk Pemilu 2019. Ini dilakukan untuk menyelaraskan bentuk, warna, dan logo partai politik dengan surat suara.

Komisioner KPU Hasyim Asyari mengatakan surat suara merupakan alat atau sarana pemilih mengekspresikan suaranya. Bagi partai politik, surat suara dapat menunjukan ciri khasnya kepada pemilih. 

"KPU mendesain surat suara ini untuk menyesuaikan dengan yang dimiliki parpol terutama untuk kepentingan desain surat suara. Makanya kami ingin sinkronisasi agar sesuai," kata Hasyim di kantornya, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Maret 2018.

Hasyim menjelaskan, sebagaimana diatur dalam Undang-undang DPR, DPRD Provinsi Kab/Kota, desain surat suara memuat tanda gambar partai, nama partai, nomor urut partai, dan nama calon. 

Menurutnya, KPU perlu menyesuaikan warna logo dan tanda gambar partai saat mendesain surat suara. Ini bertujuan agar tak terjadi perbedaan warna sebelum dan sesudah dicetak. 

"Maka itu, dalam pembahasan penyesuaian warna logo partai pada surat suara ini, kami mengundang perwakilan seluruh partai politik peserta Pemilu 2019," kata Hasyim. 

Hasyim menambahkan surat suara penting disamakan dengan yang dimiliki partai supaya tidak timbul berbagai permasalahan. 

"Permasalahan yang biasanya terjadi yaitu  soal perbedaan warna lambang  dan perbedaan pada saat dicetak. Maka penting nanti untuk disamakan," tutur dia.  

Untuk menyamakan warna, Hasyim meminta parpol menyerahkan soft file gambar partai. Lalu, mengisi surat pernyataan spesifikasi warna yang ditandatangani oleh penanggung jawab.

"Desain surat suara nantinya dibuat dalam format vector (coreldraw/ adobe Illustrator). Penanggung jawab partai nanti harus tanda tangan di atas materai Rp6000," tambah Hasyim.

Setelah semuanya disamakan, langkah selanjutnya adalah finalisasi desain. "KPU nantinya akan mengecek kesesuaian isi dari surat pernyataan tersebut," tukas dia. 




(REN)