Klinik e-LHKPN Permudah Legislator Laporkan Penambahan Aset

Whisnu Mardiansyah    •    Senin, 12 Feb 2018 10:51 WIB
lhkpn
Klinik e-LHKPN Permudah Legislator Laporkan Penambahan Aset
Ketua DPR Bambang Soesatyo/Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Jakarta: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meresmikan klinik elektronik laporan harta kekayaan pejabat negara (e-LHKPN). Klinik dibentuk untuk mempermudah anggota DPR melaporkan harta kekayaan secara berkala.

"Peresmian pemakaian klinik e-LHKPN tujuannya mempermudah anggota DPR yang di awal masa jabatannya sudah laporkan LHKPN dan dalam perjalanannya ada perubahan," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 12 Februari 2018.

Anggota DPR yang membeli aset tak tercantum pada LHKPN sebelumnya cukup mencantumkan nilai aset dan alamat. Mereka tak lagi perlu mengirimkan fotokopi sertifikat. Begitu pula saat melaporkan aset kendaraan.

Bamsoet mengatakan ide awal pembentukan e-LHKPN dicetuskan KPK. DPR merespons serta merealisasikan.

Ia berharap e-LHKPN semakin meningkatkan transparansi dan keterbukaan publik di DPR. Klinik e-LHKPN juga diharapakan semakin meningkatkan kesadaran anggota DPR agar segera melaporkan harta kekayaan mereka. Selain lebih efisien, e-LHKPN dinilai lebih murah.

"Saya belum terima laporan apakah semua anggota DPR sudah serahkan LHKPN," ucap Bambang.

Ketua KPK Agus Rahardjo menghadiri acara tersebut. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, Taufik Kurniawan, dan Fadli Zon juga mengikuti peresmian.


(OJE)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA