Kemendagri Awasi Keberadaan Ormas Kecil di Daerah

Nur Aivanni    •    Kamis, 10 Aug 2017 16:07 WIB
pancasila
Kemendagri Awasi Keberadaan Ormas Kecil di Daerah
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Foto: Metrotvnews.com/ Legia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Dalam Negeri mulai mengawasi keberadaan organisasi masyarakat (ormas) kecil yang menjamur di daerah. Pemerintah tidak akan membatasi masyarakat berserikat, namun Pemerintah akan menindak ormas yang bertentangan dengan Pancasila.
 
"Ada beberapa ormas-ormas kecil (yang sedang dicermati)," kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo
 di Kemendagri, Jakarta Pusat, Kamis 10 Agsutus 2017.

Baca: Wiranto Heran Ormas Anti-Pancasila Masih Dibela

Terkait berapa banyak ormas yang diawasi dan wilayah mana yang jadi sorotan, Tjahjo enggan merinci secara detail.  Kendati demikian, Tjahjo mengatakan bahwa ormas kecil yang tengah dicermati ini memiliki kegiatan di beberapa provinsi. "(Ormas kecil ini) Sifatnya lebih radikal," ujarnya.
 
Tjahjo mengungkapkan, pihaknya sudah mencermati ormas tersebut lebih dari dua tahun. Saat ini, pihaknya masih mengumpulkan bukti-bukti sebelum membubarkan ormas tersebut.

Baca: Ormas Harus Berjiwa Pancasila

"Sedang ditambah (bukti-buktinya). Harus kuat, harus lengkap (buktinya). Menuduh seseorang jadi tersangka kan butuh lebih dari satu alat bukti. Ini alat bukti harus lengkap," katanya.
 
Pemerintah telah menerbitkan Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang perubahan UU Nomor 17 Tahun 2013 tentang Ormas pada 12 Juli lalu. Setelah Perppu itu terbit, pemerintah membubarkan HTI sebagai organisasi masyarakat yang dianggap bertentangan dengan Pancasila.




(FZN)

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

80 Saksi untuk Novanto Telah Diperiksa KPK

19 minutes Ago

KPK juga telah melakukan penggeledahan, penyitaan dan penelusuran aliran dana yang diduga berka…

BERITA LAINNYA