Pelaksana UN SMA diserahkan ke Pemda

Rudy Polycarpus    •    Senin, 28 Nov 2016 09:53 WIB
ujian nasional
Pelaksana UN SMA diserahkan ke Pemda
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy. Foto: Antara/Ari Bowo Sucipto.

Metrotvnews.com, Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy berencana menghapus ujian akhir nasional. Sebagai pengganti UN, pelaksanaan ujian akhir SMA sederajat diserahkan kepada pemerintah provinsi, sedangkan level SMP dan SD diserahkan kepada pemerintah kabupaten/kota.
 
Muhadjir mengaku telah bertemu Presiden guna membahas moratorium UN. "Draf rumusan sudah disampaikan kepada bapak Presiden. Akan dibahas dalam ratas. Presiden meminta saya memaparkan secara detail apa dampak positif dan negatifnya," kata Muhadjir, Minggu (27/11/2016).
 
Ia mengatakan, moratorium UN sejalan dengan konsep Nawa Cita Presiden Jokowi dan pemerintah yang akan menerapkan desentralisasi pendidikan.
 
Kemendikbud dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), lanjutnya, akan menetapkan standar nasionalnya.
 
Selain itu, kata Muhadjir, penghapusan UN sejalan dengan putusan Mahkamah Agung (MA), yang menganjurkan agar UN dilaksanakan pada saat kualitas pendidikan sudah merata.
 
Pelaksana Tugas Ketua Umum PGRI Unifah Rasidi menyambut baik rencana desentralisasi UN. Pasalnya, selain dana untuk UN selama ini tidak sedikit, Unifah menyebut variasi dalam merumuskan standar kelulusan antardaerah yang satu dan lain sangat berbeda jauh. Hal itu menyebabkan tidak meratanya pendidikan.
 
"Namun, setiap daerah tetap harus memiliki standar kelulusan yang jelas. Harus ada capaian yang dikejar. Jadi, tidak bisa sebebas-bebasnya, harus ada ukuran penilaian," kata Rasidi.
 



(FZN)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

41 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA