Presiden Jokowi Percaya pada Komitmen Pedemo

Yogi Bayu Aji    •    Rabu, 30 Nov 2016 16:10 WIB
unjuk rasa
Presiden Jokowi Percaya pada Komitmen Pedemo
Presiden Jokowi di Istana Negara. Foto: MI/Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Joko Widodo tak khawatir dengan unjuk rasa Jumat, 2 Desember. Dia yakin demonstrasi tak akan ricuh.

"Saya mempercayai komitmen yang telah dibuat," kata Jokowi di Beranda Istana Merdeka, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).

Menurut dia, agenda utama unjuk rasa besok berupa doa bersama. Dia meminta, pedemo berdoa bersama untuk kedamaian, kesejahteraan, dan kemakmuran bangsa.

"Ini saya kira doanya akan ke sana untuk persatuan kita," kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini.

Seperti diketahui, Gerakan Nasional Pangawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF-MUI) akan kembali menurunkan massa pada Jumat 2 Desember. Awalnya, GNPF ingin salat Jumat dan orasi di Jalan Jenderal Sudirman-Jalan M.H. Thamrin, Jakarta.

Namun, Polri menilai kegiatan di jalan protokol akan mengganggu aktivitas warga lainnya. Akhinya, Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian bertemu dengan petinggi organisasi masyarakat yang tergabung dalam GNPF-MUI, Senin, 28 November

Hadir dalam kesempatan itu tokoh GNPF: Rizieq Shihab dan Bachtiar Nasir, Ketua MUI Ma'ruf Amin, dan pemuka agama Abdullah Gymastiar. Pertemuan ini menyepakati aksi massa pindah ke lapangan Monumen Nasional (Monas), diisi doa bersama, pidato keagamaan, dan salat Jumat. Kapolri Tito berjanji akan mendukung kelancaran kegiatan ini.


(MBM)