Pegiat Medsos Diminta Viralkan Wisata Ujung Kulon

Lukman Diah Sari    •    Minggu, 28 Oct 2018 02:18 WIB
wisata
Pegiat Medsos Diminta Viralkan Wisata Ujung Kulon
Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) mengajak pegiat media sosial mempromosikan daerah wisata Ujung Kulon. Foto: Istimewa.

Magetan: Anggota legislatif asal Dapil 7 Jawa Timur Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) terkesan dengan pemandangan wisata Ujung Kulon, Desa Janggan, Magetan, Jawa Timur. Dewa wisata yang disebut instagramable itu terus berbenah dan dikembangkan untuk memperkuat perekonomian warga. 

Dalam kunjungannya ke wisata Ujung Kulon, Ibas pun menyosialisasikan soal empat pilar. Selain itu, Ibas juga memberi bantuan berupa lampu penerangan jalan dan fasilitas penunjang di desa wisata tersebut. 

"Desa wisata biasanya memiliki kecenderungan kawasan pedesaan yang memiliki kekhasan dan daya tarik sebagai tujuan wisata, jadi saya harap semua pihak terkait  harus jeli dan hati-hati dalam pemanfaatan desa wisata dan tidak meninggalkan instrumen tradisi lokal," ucapnya di lokasi, kepada wartawan, Sabtu, 27 Oktober 2018. 

Tak hanya potensi wisata, Ibas juga mengingatkan soal industri usaha kecil menengah (UKM) masyarakat di desa wisata. Karena, bisa juga meningkatkan kesejahteraan warga sekitar. 

"Warga sekitar bisa mengembangkan banyak usaha rakyat seperti usaha kuliner, oleh-oleh khas daerah, transportasi, homestay atau penginapan, agen travel, serta jasa pemandu wisata. Semua sektor ini akan hidup jika jumlah kunjungan wisata bisa terus meningkat," paparnya.

Anggota Komisi X DPR RI ini berharap anak muda yang akrab dengan media sosial membantu mempromosikan daerah wisata Ujung Kulon. Lantaran media sosial adalah salah satu alat promosi yang mudah dan murah. 

"Saya harap para pegiat media sosial juga bisa mempromosikan daerah wisata ini," ajaknya. 

Desa wisata Ujung Kulon telah menyihir Ibas. Dia pun mengajak warga untuk berwisata ke wisata Ujung Kulon bersama keluarga. 

"Tempat seindah ini akan sangat disukai oleh keluarga saya, apalagi istri anak-anak saya sangat menyukai wisata alam terbuka seperti ini," kata putra bungsu presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.


(HUS)