Livestreaming

Pemerintah Siapkan Taktik agar Google Bayar Pajak

Desi Angriani    •    Rabu, 21 Sep 2016 20:53 WIB
pajak
Pemerintah Siapkan Taktik agar Google Bayar Pajak
Ilustrasi Google. Reuters

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah tengah menyiapkan strategi agar Google mematuhi kewajiban membayar pajak di Indonesia. Strategi tersebut disusun Kementerian Keuangan dan Kementerian Informasi dan Komunikasi.

"Kalau itu masalah strategi dan taktik bagaimana bicaranya. Yang penting koordinasi dengan Menkeu (Sri Mulyani Indrawati)," ujar Menkominfo Rudiantara di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (22/9/2016).

Rudi mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan aplikasi over the top (OTT) dunia mengenai sistem dan aturan perpajakan di Indonesia. "Ya komunikasi, selama ini juga komunikasi kok mengenai masalah pajak ini saya komunikasidengan OTT internasional yang besar," ungkap dia.

Menurutn dia, seluruh transaksi elektronik atau platform e-commerce dianggap sebagai subjek pajak. Dengan demikian, aplikasi OTT nasional dan internasional wajib membayar pajak di negara bersangkutan.

"Jadi yang nasional kan juga bayar pajak, kenapa asing enggak. Yang nasional bayar pajak yang internasional juga bayar pajak. Jadi sama ada kesetaraan," tegas Rudi.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani mendesak Google untuk membayar pajak. Dia mengatakan, Google tak bisa mengelak dengan alasan hanya mendirikan kantor perwakilan di Indonesia. 

Dia menjelaskan, segala bentuk badan usaha atau kegiatan ekonomi di Indonesia akan ditandai sebagai subjek pajak. "Tentu saja wajib pajak bisa melakukana argumen berbeda tapi ini adalah Indonesia di mana kami memliki UU perpajakan," kata Sri Mulyani, Jumat, 16 September 2016.


(OGI)

Video /