Khofifah Sampaikan Surat Pengunduran Diri Sore Ini

Dheri Agriesta    •    Selasa, 09 Jan 2018 13:13 WIB
pilgub jatim 2018
Khofifah Sampaikan Surat Pengunduran Diri Sore Ini
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa 9 Januari 2018. Foto: Dheri Agriesta/Medcom.id

Jakarta: Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa akan menyampaikan surat pengunduran diri kepada Presiden Joko Widodo. Surat akan disampaikan sore ini.

Surat itu berisi permohonan izin mengikuti Pilkada Jawa Timur. Khofifah akan mendaftar ke KPU Jawa Timur, Rabu, 10 Januari 2018 pagi.

"Sekaligus jika sudah ditetapkan sah menjadi calon gubernur, kami (saya) mohon diizinkan untuk mengundurkan diri dari keanggotaan kabinet," kata Khofifah di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Selasa 9 Januari 2018.

Baca: Pergantian Mensos Setelah Khofifah Resmi Mundur

Pendaftaran di KPU Jawa Timur ditutup besok. Saat ini, Khofifah yang berpasangan dengan Bupati Trenggalek Emil Dardak telah mengantongi dukungan dari Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Golkar, PPP, PKPI, dan Partai Hanura.

Kemarin, Khofifah bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Dalam pertemuan yang berlangsung tertutup itu, Khofifah dikabarkan pamit kepada Kalla. Saat dikonfirmasi, Khofifah hanya tersenyum.

Ia pun tak ingin bicara tentang sosok yang layak menggantikannya di Kabinet Kerja. Penunjukkan itu merupakan wewenang Presiden Joko Widodo. "Enggak elok lah kalau saya sampaikan seperti itu," kata Khofifah.




(AZF)