Golkar Yakin Lolos Verifikasi Faktual

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 11 Jan 2018 18:32 WIB
revisi uu pemilupemilu serentak 2019
Golkar Yakin Lolos Verifikasi Faktual
Golkar. Foto: MTVN/Rakhmat Riyandi.

Jakarta: Partai Golkar mengaku tak masalah dengan dikabulkannya gugatan Pasal 173 Undang-Undang (UU) Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu oleh Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengatur soal verifikasi partai politik (parpol). 'Partai Beringin' mengaku siap diverifikasi.

"Kalau dari sisi Golkar, tidak ada masalah yang menimbulkan diverifikasi," kata Ketua DPP Partai Golkar Zainuddin Amali di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 11 Januari 2018.

Menurut dia, Golkar memiliki sumber daya yang kuat guna menghadapi tahapan ini. Dia juga menilai tahapan sistem informasi partai politik (sipol) oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa waktu lalu sudah dilalui dengan baik. 

Baca: Keputusan MK Berpotensi Ubah Jadwal Pemilu

Ia menjamin parpol-parpol yang sudah mendaftar melalui sipol dan lolos verifikasi administrasi tak akan menemui kendala saat diverifikasi faktual. "Karena sudah lolos verifikasi administrasi, itu berarti kalau faktual tidak masalah," jelas Amali.

Sebelumnya, gugatan terhadap Pasal 173 ayat (1) dan ayat (3) UU Pemilu diajukan oleh Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama. Gugatan itu dikabulkan MK. Dengan dikabulkannya gugatan terhadap Pasal 173, seluruh partai peserta pemilu 2014 harus mengikuti verifikasi faktual. 




(OGI)