Pengamat: Pola Naiknya Elektabilitas Agus Tak Bisa Dibantah

Meilikhah    •    Selasa, 29 Nov 2016 22:32 WIB
pilkada dki 2017
Pengamat: Pola Naiknya Elektabilitas Agus Tak Bisa Dibantah
Yunarto Wijaya. MI/ Adam Dwi

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengamat politik yang juga merupakan Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengakui kecenderungan elektabilitas Agus Harimurti Yudhoyono di berbagai survei sebagai pendatang baru dalam kontestastasi Pilgub DKI terus naik, bahkan mengalahkan petahana Ahok Djarot. Padahal, di awal tahapan pemilu, Agus merupakan sosok asing di masyarakat DKI.

Menurut Yunarto, ketidaktahuan masyarakat terhadap sosok Agus justru menjadi keuntungan bagi pasangan calon nomor satu tersebut.

"Tingkat pengenalan rendah ini jadi oportunity besar bagi Agus-Sylvi, sebab masyarakat jadi ingin tahu siapa Agus ini. Jadi, kecenderungan Agus naik iya, Ahok turun iya, Anies stagnan iya, itu pola yang tidak bisa dibantah," kata Yunarto, di kantor Charta Politika, Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2016).

Yunarto menyebut penurunan elektabilitas petahana lantaran beberapa faktor, salah satunya kasus dugaan penistaan agama yang menjerat Ahok dan sikap Ahok yang kerap dinilai tak santun menyumbang anjloknya elektabilitas Ahok.

Selain itu, Yunarto berspekulasi, penurunan elektabilitas Ahok karena sentimen negatif hanya melekat pada Ahok, sementara dua calon lainnya belum memiliki 'cacat' di mata masyarakat. Hal itu memungkinkan pemilih Ahok-Djarot menjatuhkan suaranya ke Anies atau Agus.

"Isu besar tidak melekat di calon lain, terpaan isu hanya terjadi pada Ahok-Djarot, ketika berpengaruh negatif apkah berpotensi limpahan suara ke calon lain, suka atau tidak ada kecenderungan beralihnya pemilih," jelas Yunarto.


(SCI)