Presiden Bagikan 700 Sertifikat di Pulau Rote

Achmad Zulfikar Fazli    •    Selasa, 09 Jan 2018 17:27 WIB
sertifikat tanah gratis
Presiden Bagikan 700 Sertifikat di Pulau Rote
Presiden Joko Widodo menyerahkan 700 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Foto: Biro Pers Setpres

Rote: Presiden Joko Widodo menyerahkan 700 sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di Pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Hal ini untuk menghindari terjadinya sengketa.

"Setiap saya ke daerah, yang masuk ke telinga saya selalu soal sengketa tanah. Karena dari 126 juta sertifikat yang harus dipegang masyarakat, baru 46 juta yang diberikan. Jadi, masih 80 juta sertifikat yang belum bisa diberikan kepada masyarakat," ujar Jokowi di  Kantor Bupati Rote Ndao, Kelurahan Mokdale, Kecamatan Lobalain, Selasa, 9 Januari 2018.

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang Pokok-Pokok Agraria, kepemilikan hak atas tanah wajib dibuktikan dengan sertifikat. Itu menjadi bukti tertulis yang mendapatkan pengakuan hukum. 

Kepala Negara mengatakan penerbitan sertifikat hak atas tanah dulunya hanya dilakukan untuk 500 ribu sertifikat di seluruh Indonesia setiap tahunnya. Kini, ia menargetkan penerbitan tersebut dikebut hingga mencapai sembilan juta saban tahun. Tahun 2017, sebanyak lima juta sertifikat ditargetkan rampung.

"Kalau dulu satu tahun hanya 500 ribu se-Indonesia. Bayangkan, kalau kita ngurus sertifikat 80 juta berarti 160 tahun baru rampung. Lama sekali," tuturnya.

Baca: Presiden Minta Warga Berhati-hati saat 'Sekolahkan' Sertifikat Tanah

Kegunaan sertifikat, kata Presiden, agar masyarakat juga bisa mengagunkannya. Meski begitu, bekas Gubernur DKI Jakarta itu mengingatkan para pemegang sertifikat untuk berpikir matang sebelum mengagunkannya. 

Ia tak melarang sertifikat tersebut dijadikan jaminan  untuk mendapatkan tambahan modal usaha. Asalkan, lanjut dia, dana tersebut digunakan untuk hal-hal yang meningkatkan produktivitas.





(AZF)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA