DPR Pastikan UU MD3 Sah Dijalankan Mulai Besok

Arga sumantri    •    Selasa, 13 Mar 2018 13:07 WIB
uu md3
DPR Pastikan UU MD3 Sah Dijalankan Mulai Besok
Wakil Ketua DPR Agus Hermanto--Medcom.id/M Rodhi Aulia

Jakarta: Wakil Ketua DPR Agus Hermanto menegaskan, Undang-undang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) yang baru sah dilaksanakan besok. Sesuai aturan, UU MD3 berlaku otomatis usai satu bulan disahkan parlemen dalam paripurna.

"Secara otomatis undang-undang (MD3) itu bisa berlaku," kata Agus Hermanto di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 13 Maret 2018.

Salah satu poin yang bakal dieksekusi apabila UU MD3 berlaku adalah penambahan kursi pimpinan DPR yang bakal diisi PDI Perjuangan. Namun, Agus belum bisa memastikan kapan proses pelantikan pimpinan dewan yang baru itu akan dilakukan.

"(Pelantikan) ini tegantung dari usulan kan tentunya setelah ini sudah disahkan, undang-undangnya sudah bisa digunakan. Masih menunggu usulan dari fraksi-fraksi yang mengusulkan," ujarnya.



Menurut Agus, sampai saat ini belum ada usulan dari fraksi menindaklanjuti UU MD3 yang baru. Sebab, UU itu juga baru bisa dilaksanakan besok. "Setahu saya di Setjen belum menerima usulan fraksi karena memang undang-undangnya juga kemungkinan bar besok bisa dilaksanakan," ungkapnya. 

Baca: Menguliti Revisi UU MD3

 
UU MD3 akan berlaku otomatis mulai besok usai sebulan disahkan parlemen. Kendati, hingga siang ini Presiden Joko Widodo belum meneken UU MD3. 


(YDH)

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

Fredrich Menduga Majelis Hakim tak Adil

1 day Ago

Fredrich menyesalkan sikap JPU KPK yang dinilai sengaja tidak mau menghadirkan sejumlah saksi k…

BERITA LAINNYA