Ketua DPR: Siapa yang Bilang Legowo?

Anindya Legia Putri    •    Selasa, 29 Nov 2016 14:09 WIB
berita dpr
Ketua DPR: Siapa yang Bilang Legowo?
Ketua DPR Ade Komarudin. Foto: Metrotvnews.com/ Gervin N

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR RI Ade Komarudin menjelaskan mengenai ucapan "aku rapopo" yang dilontarkannya dalam pidato Senin (29/11/2016) malam, terkait keinginan Partai Golkar untuk mengembalikan Ketua Umum Partai Golkar Setya Novanto menjadi Ketua DPR, tidak mengartikan pihaknya legowo.

Akom, sapaan Ade Komarudin, sempat menuding salah satu media yang mengatakan dirinya legowo, sebagai media yang dalam peribahasanya, 'ada udang di balik batu'.

"Legowo? Siapa yang bilang legowo? Ada udang di balik batu itu. Ada pesanan kayaknya sih. Saya kan orang campur Jawa-Sunda, saya lahir di Sunda, leluhur saya Jawa, bapak saya Sunda. Orang Jawa semua bilang gitu (ora popo)," ujar Akom, saat ditemui di Nusantara III DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Selain itu, kata 'Aku Rapopo' juga kerap kali diucapkan oleh Presiden Jokowi jika dirinya ditimpa suatu masalah. Akom pun tak menampik dirinya ikut serta mengatakan hal yang sama dengan apa yang kerap diucapkan presiden.

"Kan sudah disampaikan Presiden, terkenal dong (kata 'Aku Rapopo'), ya saya nebeng. Tidak apa-apa. Kan ada juga kata 'teu sawios,' enggak apa-apa kan artinya," ungkap Akom.

Sebagaimana diketahui, dalam pidatonya semalam, Akom mengatakan, terkait pergantian ini, dirinya berpegang teguh pada prinsip bahwa jabatan adalah amanah yang datang dari Allah SWT. Jabatan hanyalah sebuah cara untuk memberkan kontribusi terbaik kepada bangsa dan negara ini.

"Karenanya, kapan pun Allah akan memberikan ataupun mengambil amanah saya siap dan ikhlas.  
"Aku rapopo. Teu sawious". Terlebih-lebih demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia," ujar Akom.


(ROS)