Pemerintah tak Pernah Larang Masyarakat Unjuk Rasa

Dheri Agriesta    •    Senin, 28 Nov 2016 19:04 WIB
unjuk rasa
Pemerintah tak Pernah Larang Masyarakat Unjuk Rasa
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: MI/Rizky Ferdiansyah

Metrotvnews.com, Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla menegaskan, pemerintah tak pernah mengeluarkan larangan untuk berdemonstrasi. Pemerintah tak pernah melarang masyarakat turun ke jalan menyampaikan aspirasinya.

"Pemerintah tidak mengeluarkan aturan larangan. Saya tidak tahu kalau instansi yang lain. Tapi kalau pemerintah sendiri (melarang), tidak," kata JK di Kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (28/11/2016).

Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI) akan menggelar aksi pada 2 Desember di Monumen Nasional. Aksi ini menuntut penahanan Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

JK mengatakan, aksi ini sebaiknya tak mengganggu aktivitas masyarakat. Ia meminta peserta aksi tak menunaikan ibadah salat Jumat di jalan raya. Ada banyak masjid yang bisa dimanfaatkan untuk beribadah.

"Yang dianjurkan salat di lapangan itu hanya dua, salat Idul Fitri dan Idul Adha, serta salat minta hujan. (Salat) di lapangan, bukan di jalan," ujar dia.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, aksi yang sebelumnya direncanakan digelar di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin bergeser ke Monumen Nasional. Kesepakatan ini diperoleh setelah adanya pertemuan antara GNPF MUI dan Polri.

Aksi akan digelar mulai pukul 08.00 hingga pukul 13.00 WIB. Aksi ini akan dipenuhi tausyiah, salat Jumat berjamaah, dan doa bersama.

Tito menegaskan, tak ada pihak yang dirugikan dengan menggelar aksi di Monas. Masyarakat tak akan rugi karena aksi damai tak mengganggu lalu lintas.

"Kami berterima kasih. Ini tidak melanggar hukum. Saya yakin dengan kehadiran saudara-saudara, kita pasti didengar banyak pihak dan dilihat banyak pihak," kata Tito di kantor MUI, Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat.


(MBM)

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

Ahok Tegaskan tak Pernah Umbar Janji saat Kampanye

32 minutes Ago

Dia menegaskan hanya menyampaikan kinerjanya saat menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta defenit…

BERITA LAINNYA