4 Pilar Negara Topang Keutuhan Bangsa

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 16 Jun 2017 06:01 WIB
pancasila
4 Pilar Negara Topang Keutuhan Bangsa
Halaqoh dan buka puasa bersama di DPP Partai Nasional Demokrat - MTVN/M Sholahadhin Azhar,

Metrotvnews.com, Jakarta: Indonesia sebagai negara besar harus ditopang pilar-pilar berbangsa dan bernegara. Tanpa itu, niscaya negara akan hancur karena tak memiliki penyangga.

"Harus ada 4 pilar, ketika tak saling menyatu maka negara akan punah dimakan usia," kata Sekretaris Jenderal GP Nasdem, Chaerul Anwar saat halaqoh dan buka puasa bersama di DPP Partai Nasional Demokrat, Kamis 15 Juni 2017.

Pilar pertama yakni pemimpin yang adil sebagai nahkoda Negara. Dengan model pemimpin seperti itu, dipercaya akan membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya.

Kedua yakni alim ulama yang istiqomah dan amanah terhadap Islam. Sehingga mengawal ideologi bangsa, dalam hal ini Pancasila. Karena merupakan kewajiban mereka sebagai pemuka Agama.

"Ketiga bisa mengidentifikasi diri kita sebagai orang dermawan. Itu tanggung jawab kita untuk bermanfaat bagi orang lain," kata Chaerul.

Terakhir yakni orang miskin yang mau berdoa untuk negaranya. Penegakan 4 pilar itu menjadi tanggung jawab generasi muda.

Terutama dalam menyokong ideologi bangsa, Pancasila. Karena paham radikal sudah mulai merasuk ke Indonesia, bahkan di partai Nasdem sendiri juga ditemukan bibitnya.

"Ini tanggung jawab kita mewakili generasi muda supaya bisa menangkal radikalisme dan tak menjangkiti kita," pungkas Chaerul.


(REN)