PAN Tegaskan Komitmen Mendukung Pemerintah

Damar Iradat    •    Jumat, 14 Jul 2017 13:41 WIB
reshuffle kabinet
PAN Tegaskan Komitmen Mendukung Pemerintah
Sekjen PAN Eddy Soeparno--MI/RAMDANI

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai Amanat Nasional (PAN) membantah berseberangan dengan koalisi pendukung pemerintah. PAN menegaskan terus mendukung pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

"Kita tetap komit kepada pemerintah sebagai partai pendukung pemerintah," kata Sekjen PAN Eddy Soeparno kepada Metrotvnews.com di Jakarta, Jumat, 14 Juli 2017.

Eddy mengatakan, soal dukungan kepada pemerintah tentu tidak akan berubah. Namun, untuk hal-hal tertentu yang menyangkut keberlangsungan partai, tentu PAN memiliki pendapat berbeda.

Baca: Surya Paloh: Wajar Ada Reshuffle

Dalam hal ini, kata dia, akan membuka ruang diskusi. Misal, terkait penyelesaian Rancangan Undang-Undang Pemilu yang sampai saat ini masih belum dirampungkan.

"Bukan berarti bahwa, karena kita tidak sepakat di awal kita tidak mendukung pemerintah," tegas dia.

Kendati begitu, PAN tetap bersikap positif terhadap masukan-masukan. Itu akan jadi bahan pembicaraan. "Sehingga, masing-masing (parpol) memiliki ruang diskusi yang melahirkan konsensus nantinya," tutur Eddy.



Terkait kritikan keras Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Eddy mengaku telah berbicara secara langsung dengan Hasto. Menurutnya, ada kesalahan informasi yang beredar di masyarakat.

"Rasanya mungkin kutipannya tidak sepenuhnya akurat. Jadi, apa yang disampaikan mas Hasto tidak seperti yang terbaca saat ini," pungkas dia.

Hasto mengkritik keras partai-partai koalisi pendukung pemerintah yang dianggap mulai berseberangan dengan pemerintah, salah satunya PAN. Ia menyayangkan jika ada partai yang mendukung, tapi di tingkat implementasinya justru setengah-setengah.

Hasto juga mengatakan, ketika partai sudah menyatakan berbeda, tentu diharapkan ada sebuah kedewasaan untuk menyatakan berada di luar pemerintahan. PDIP akan menghormati setiap keputusan partai manapun, karena, apapun posisi politiknya terhadap pemerintahan, maupun di luar pemerintahan akan menyehatkan demokrasi. "Tapi, jangan bersikap setengah-setengah, jangan bersikap tidak jelas," tegasnya beberapa waktu lalu.


(YDH)