Hadirnya Perppu Ormas Dinilai untuk Mengoreksi UU Ormas

Faisal Abdalla    •    Jumat, 14 Jul 2017 21:35 WIB
perppu pembubaran ormas
Hadirnya Perppu Ormas Dinilai untuk Mengoreksi UU Ormas
Anggota Komisi III DPR Arsul Sani--Antara/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Pro kontra terkait penerbitan Perppu perubahan UU No.17 Tahun 2013 tentang Ormas terus berlanjut. Sebagian pihak menilai Perppu tersebut menunjukkan suatu kemunduran, sebagian lain menilai sebagai langkah yang cerdas. 

Anggota DPR Komisi III dari Fraksi PPP, Arsul Sani mengatakan Perppu hadir untuk mengoreksi UU No. 17 Tahun 2003 yang dianggap masih lemah. 

"Dalam UU keormasan itu memang tidak diatur khusus mengenai ormas-ormas yang mengancam kedaulatan negara, maka dari itu Perppu ini hadir untuk mengoreksinya," kata Arsul saat menghadiri pelantikan Ketua MK, di Jalan Medan Meredeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 14 Juli 2017. 

Meskipun bersifat otokritik, Arsul mengakui  ketentuan yang diatur dalam UU Ormas banyak keanehan. Salah poin yang menurut Arsul aneh adalah UU tersebut mengaharuskan pemerintah sebagai pihak yang memberi izin berdirinya suatu ormas menempuh jalan pengadilan untuk mencabut izin yang dikeluarkan oleh pemerintah.

"Seharusnya yang benar pemerintah diberi kewenangan untuk mencabut suatu keputusan atau izin, nanti jika ada pihak-pihak yang merasa dirugikan akibat pencabutan itu, ya pihak itu lah yang mestinya menyampaikan keberatan itu ke pengadilan, bukan pemerintah" tutur dia. 

Selain itu, Arsul juga meminta semua pihak untuk melihat Perppu secara menyeluruh sebagai kerangka sistem hukum yang utuh. Menurut dia, jika dilihat secara keseluruhan, tidak satu pihak pun yang hak hukumnya dikurangi. 

"Karena semua pihak yang merasa dirugikan oleh Perppu Ormas tetap bisa melakukan upaya hukum. Itu diatur dalam UU Administrasi Pemerintahan nomor 30 Tahun 2014. Kalau itu tidak dijalankan bisa digugat ke PTUN, jadi ormas tetap punya kesempatan" jelas Arsul.


(SCI)

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

29 minutes Ago

Zuhro menilai kasus yang menjerat Novanto merupakan kasus terberat yang pernah menimpa pemimpin…

BERITA LAINNYA