Jimly Imbau Pemimpin Parpol Saling Luruskan Isu

Faisal Abdalla    •    Rabu, 09 Aug 2017 18:32 WIB
parpol
Jimly Imbau Pemimpin Parpol Saling Luruskan Isu
Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie - MTVN/Faisal Abdalla,

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua Umum Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie angkat bicara terkait perdebatan antar partai politik yang terjadi akhir-akhir ini. Menurut dia, Parpol harus saling berkomunikasi. 

"Saya sebetulnya menyambut baik kalau Parpol saling sahut-menyahut, tapi tolong yang dibahas jangan soal golongan atau defend (pembelaan) pribadi terus, tapi soal kebijakan yang bermanfaat untuk rakyat," ujar Jimly saat mengisi forum Ngaji Konstitusi di Kantor Pusat Kegiatan ICMI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu 9 Agustus 2017.

Perdebatan antar parpol yang dimaksud Jimly adalah perselisihan antara Gerindra dan PDIP terkait pernyataan Waketum Gerindra Arief Poyuono, serta perselisihan NasDem dengan Gerindra, Demokrat, PAN, dan PKS soal pidato Ketua Fraksi NasDem, Viktor Laiskodat.

Terkait dengan perdebatan yang sudah terlanjur terjadi, Jimly menyarankan agar para pemimpin parpol untuk saling berkomunikasi meluruskan isu. Dengan begitu, masyarakat kaya referensi serta mendapatkan pendidikan politik yang baik.

"Ketua-Ketua Partai jangan kerjanya hanya menjelang Pemilu saja. Fungsi partai politik harus dilakukan termasuk memberikan pendidikan politik yang baik kepada rakyat dengan cara mengelola komunikasi publik yang berkualitas," imbuh Jimly.

Jimly juga mengimbau kepada politikus agar berhati-hati ketika berbicara. Menurut dia, semua perdebatan politik yang terjadi belakangan ini akibat para politikus tidak bisa menjaga lisan ketika berada di ruang publik. 

"Goreng menggoreng isu ini kan juga kerjaannya politisi, saya sarankan kalau tidak ada yang perlu disampaikan, lebih baik diam, termasuk di media sosial" tegas Jimly. 
 


(REN)