Publik Perlu Mengawasi Integritas Caleg

Eko Nordiansyah    •    Minggu, 12 Aug 2018 18:27 WIB
pilegpemilu serentak 2019
Publik Perlu Mengawasi Integritas Caleg
Kotak suara. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.

Jakarta: Publik diajak untuk ikut mengawasi integritas para calon anggota legislatif (caleg) yang telah diajukan oleh partai politik. Komisi Pemilihan Umum (KPU) pun diminta untuk segera membuka informasi soal rekam jejak para caleg.

"Mereka harus bersih dari korupsi dan tidak terlibat dalam pelanggaran HAM sesuai dengan pakta integritas yang telah disepakati bersama Bawaslu dengan parpol peserta pemilu," kata peneliti Universitas Indonesia (UI) Sri Budi di Kantor Kode Inisiatif, Tebet, Jakarta Selatan, Minggu, 12 Agustus 2018.

Dia berharap partai politik mengajukan calon wakil rakyat yang berintegritas. Parpol diminta memprioritaskan kepentingan publik dalam mengajukan daftar calon yang akan bertarung pemilihan legislatif (pileg) tahun depan.

"Parpol harus sejak awal mungkin melindungi publik dari terpilihnya orang-orang yang tak berintegritas, yang berpotensi melanggar kepercayaan pemilih dalam menjalankan fungsi representasi di lembaga perwakilan," lanjut dia.

Baca: Hanura Diberi Waktu Perbaikan Berkas Bacaleg hingga Besok

Menurut dia, parpol adalah penjaga agar calon wakil rakyat yang diajukan memiliki integritas yang kuat. Sri berharap parpol tidak mengajukan calon yang memiliki rekam jejak tidak baik sehingga akan berdampak buruk bagi DPR ke depannya.

"Maka proses seleksi politik harus mengedepankan nilai-nilai kebijakan politik dalam mekanisme internalnya dengan cara tidak mencalonkan orang-orang yang tidak berintegritas untuk dipilih oleh rakyat," pungkas dia.


(OGI)