Parpol Diminta Efektifkan Waktu Pendaftaran Bacaleg

Faisal Abdalla    •    Kamis, 12 Jul 2018 13:28 WIB
pemilu serentak 2019
Parpol Diminta Efektifkan Waktu Pendaftaran Bacaleg
Komisioner KPU Wahyu Setiawan - ANT/Reno Esnir.

Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah membuka pendaftaran calon anggota DPR, DPD, dan DPRD sejak 4 Juli lalu. Memasuki hari kesembilan, belum ada partai politik (parpol) yang mendaftarkan bakal calon anggota DPR ke KPU. 

Komisioner KPU Wahyu Setiawan meminta parpol memanfaatkan waktu pendaftaran yang tersisa dengan baik. 

"Kita berharap parpol memanfaatkan waktu sebaik-baiknya meskipun memang ini belum batas akhir," kata Wahyu di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Kamis, 12 Juli 2018. 

Wahyu menduga parpol akan memanfaatkan waktu-waktu terakhir untuk melakukan pendaftaran. Namun begitu, Wahyu mengaku KPU tak keberatan. 

"Tetapi tentu saja konsekuensi logisnya apabila parpol mendaftar di hari terakhir, pekerjaan KPU akan menumpuk. Tapi kita sudah menyiapkan segala skenario apabila parpol memanfaatkan waktu terakhir," tambah dia. 

(Baca juga: Pendaftaran Bakal Caleg Masih Sepi)

Lebih lanjut, Wahyu mengaku KPU tak menerima keluhan atau kendala dari parpol terkait proses pendaftaran calon. Alasan belum ada parpol yang mendaftarkan bacalegnya, menurut Wahyu, hanya internal partai yang tahu. 

"Sampai saat ini tak ada keluhan parpol terkait pelayanan yang kita berikan. Satu-satunya alasan kenapa parpol belum mendaftarkan bakal calon anggota DPR hari ini, yang tahu ya internal parpol sendiri," tanda dia. 

Meski demikian, KPU telah menerima pemberitahuan rencana pendaftaran caleg dari masing-masing parpol. Mereka yang sudah melapor antara lain Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Hanura, Partai Berkarya, Partai NasDem, PSI, PPP, PKS, PAN, PDI Perjuangan, Gerindra, PKPI, dan Partai Perindo. Sementara dua partai lain yaitu Partai Golkar dan PBB belum memberitahukan jadwal pendaftaran caleg ke KPU. 




(REN)