Kehadiran PAN di Rakornas Gerindra Hal Biasa

Arga sumantri    •    Kamis, 12 Apr 2018 17:01 WIB
partai politik
Kehadiran PAN di Rakornas Gerindra Hal Biasa
Koordinator Bidang Hubungan Eksekutif-Legistlatif Partai Golkar Idrus Marham. Foto: MI/Irfan.

Jakarta: Partai Golkar tak memusingkan kehadiran PAN dalam Rakornas Gerindra di Hambalang, Bogor, Jawa Barat. Kehadiran PAN itu dinilai sebagai pola komunikasi politik yang biasa.

"Kehadiran partai di dalam salah satu acara partai politik yang diundang, saya kira enggak ada masalah. Yang jadi masalah itu diundang enggak datang," kata Koordinator Bidang Hubungan Eksekutif-Legistlatif Partai Golkar Idrus Marham di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta,  Kamis, 12 April 2018.

Ia mengatakan, PAN juga telah menyampaikan kehadiran di Rakornas Gerindra sebagai silaturahmi politik. PAN, kata dia, juga belum bersikap untuk mendukung Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai capres.

"Jadi kehadiran di sana tidak berarti sudah secara total memberikan dukungan terhadap sikap parpol yang undang," ujarnya.

Baca: Golkar tak Memusingkan Keputusan Prabowo

Menurut dia, Golkar menanggapi dinamika politik yang ada secara proporsional. Golkar tak mau sembarang menafsirkan langkah-langkah politis partai lain. 

"Kita harus lebih rileks, objektif. Golkar objektif saja," ungkap Menteri Sosial itu. 

Menurut Idrus, Golkar juga mungkin datang jika memang diundang menghadiri Rakornas Gerindra. Meski akan hadir, kata dia, dukungan partai berlambang pohon beringin tetap pada Joko Widodo.

"Karena komunikasinya cair. Meskipun dukungannya kepada Pak Jokowi tidak berubah lagi, tapi tidak menutup komunikasi politik dengan yang lain," ujarnya.

Selain petinggi PKS, tiga pimpinan PAN hadir dalam Rakornas Gerindra pada Rabu, 11 April 2018. Mereka yakni Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Sekjen PAN Eddy Soeparno.

PAN sejatinya telah memutuskan merapat ke pemerintah di awal masa jabatan Jokowi-JK. Buntut dari merapatnya PAN adalah jatah kursi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang diisi Asman Abnur.




(AZF)