PDI Perjuangan tak Akan Menyodorkan Caleg Koruptor

Faisal Abdalla    •    Rabu, 11 Jul 2018 13:19 WIB
pemilu serentak 2019
PDI Perjuangan tak Akan Menyodorkan Caleg Koruptor
PDI Perjuangan menerima kunjungan Bawaslu/Medcom.id/Faisal Abdalla

Jakarta: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan menegaskan partainya tak akan mengusung calon legislatif (caleg) bermasalah hukum. Termasuk yang pernah berperkara korupsi.

"Ya itu sudah kami lakukan (pakta Integritas), kami sudah langsung mengambil sikap (tak mencalonkan caleg bermasalah hukum)," kata Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto usai menerima kunjungan Bawaslu di Kantor DPP PDI Perjuangan, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Rabu, 11 Juli 2018.

Hasto menegaskan komitmen partai banteng moncong putih memberantas korupsi tak perlu diragukan. Itu bisa tercermin dari sikap tegas partai terhadap kader yang kedapatan melakukan praktik rasuah.

Baca: PDI Perjuangan Berkomitmen Mematuhi Pakta Integritas Parpol

"Bagi PDI Perjuangan sendiri mereka yang terkena OTT (operasi tangkap tangan) KPK itu langsung kami berikan sanksi pemecatan seketika. Hanya PDI Perjuangan yang melakukan itu. Kemudian bagi mereka yang menyalahgunakan kekuasaan dengan korupsi, kami pecat," beber Hasto.

Hasto mengapresiasi kedatangan Bawaslu ke kantor-kantor partai. Bawaslu harus bisa menjadi wasit yang baik dalam Pemilu Serentak 2019.

"Ini semua untuk meningkatkan kualitas demokrasi. Demokrasi yang berkeadaban, demokrasi yang bukan menang-menangan, demokrasi yang melahirkan pemimpin untuk rakyat. Itu yang menjadi concern PDI Perjuangan," ujar Hasto.


(OJE)