KPU Berharap Gugatan PKPU ke MA Diputuskan Cepat

Whisnu Mardiansyah    •    Kamis, 05 Jul 2018 16:48 WIB
pilegpilpres 2019
KPU Berharap Gugatan PKPU ke MA Diputuskan Cepat
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman. Foto: Medcom.id/Whisnu Mardiansyah

Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman menerima hasil kesepakatan rapat gabungan yang mengesampingkan sementara Pasal 4 ayat 3 Peraturan KPU (PKPU) soal larangan eks narapidana koruptor mencalonkan diri menjadi anggota legilatif. Arief berharap gugatan pasal tersebut ke Mahkamah Agung diputuskan secara cepat.

"Mohon agar proses JR (judicial review) itu selesai cepat sebelum ditetapkannya daftar caleg tetap. Agak kerepotan kita memasukannya," kata Arief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis, 5 Juli 2018.

Arief menjamin KPU menerima apa pun keputusan yang dikeluarkan MA. Apakah Pasal 4 ayat 3 PKPU itu dibatalkan atau tetap berlaku. Termasuk melanjutkan pencalonannya caleg eks narapidana tiga kasus pidana yang dilarang di PKPU salah satunya eks koruptor.

"Karena itu putusan fakta hukum yang harus dijalankan oleh kita," ujar Arief.

Selain gugatan melalui uji materi di MA, KPU pun memberi ruang gugatan sengketa di Bawaslu. Calon-calon yang tidak memenuhi syarat saat verifikasi bisa menggugat ke Bawaslu.

"Selain JR ada juga satu pintu lagi yaitu mengajukan sengketa di Bawaslu. Kita belum tahu keputusannya apa, KPU akan menghormati fakta hukum," ucap Arief.

Sebelumnya, DPR bersama Menteri Hukum dan HAM, Menteri Dalam Negeri, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar rapat gabungan membahas PKPU Nomor 20 Tahun 2018. Hasil rapat sepakat mengesampingkan Pasal 4 ayat 3 soal larangan mantan narapidana koruptor maju di pemilihan legislatif.

"Kami sepakat berikan kesempatan kepada semua pihak untuk mendaftar jadi caleg di semua tingkatan di parpol masing-masing," kata Ketua DPR Bambang Soesatyo usai rapat, di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 5 Juli 2018.


(MBM)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

5 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA