Mahfud MD Memaklumi Jokowi

Sunnaholomi Halakrispen    •    Jumat, 10 Aug 2018 04:30 WIB
pilpres 2019
Mahfud MD Memaklumi Jokowi
Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Jakarta: Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengaku memaklumi pilihan Joko Widodo yang lebih memilih KH Ma'ruf Amin sebagai calon wakil presidennya. Mahfud sedianya digadang-gadang bakal menemani Jokowi bertarung pada Pilpres 2019 mendatang.

Nama Mahfud sempat mencuat dan disinyalir kuat bakal menjadi cawapres Jokowi pada Kamis, 9 Agustus 2018. Namun, pada akhirnya, pada saat deklarasi, Jokowi dan partai koalisi sepakat mengusung Jokowi dan Ma'ruf Amin.

Setelah Jokowi mengumumkan nama Ma'ruf, Mahfud mengaku telah bertemu dengan Jokowi. Mantan Wali Kota Solo itu juga telah menjelaskan alasannya kepada Mahfud.

"Enggak apa-apa saya sudah ketemu Pak Jokowi, saya katakan saya maklum. Seumpama saya jadi Pak Jokowi mungkin saya akan melakukan hal yang sama," ujar Mahfud di kantornya, Jalan Kramat VI, Senen, Jakarta Pusat, Kamis, 9 Agustus 2018 malam.

Ia menyadari Jokowi memiliki pertimbangan tersendiri dalam memutus cawapres. Apalagi dengan situasi politik terkini, baginya, apapun dapat terjadi dalam politik. 

Mahfud sempat menyampaikan kepada Jokowi bahwa dirinya sempat merasa terkejut. Namun, ia mengaku tak kecewa dengan pilihan Jokowi.

Baca: Maruarar: Mahfud Berjiwa Besar

"Saya sampaikan ke Pak Jokowi saya tidak kecewa tetapi memang kaget, tetapi sekarang sudah selesai kagetnya dan saya katakan Pak Jokowi enggak usah merasa bersalah atau apa, saya bilang enggak usah, wong saya pun tidak apa," tuturnya.

Mahfud juga mengaku sempat menyiapkan diri karena namanya masih kuat sebagai cawapres Jokowi. Namun, sore tadi ia mendapatkan berita terkait bukan namanya yang digandeng Jokowi dan memutuskan untuk pulang dari pertemuan di kawasan Menteng.

"Karena sampai sore gitu beritanya masih simpang siur. Nah kalau sudah lebih setengah jam berita simpang siur berarti tidak akan ada sesuatu yang diharapkan ya pulang," pungkas dia.


(DMR)

Hakim Tegur Irvanto

Hakim Tegur Irvanto

7 hours Ago

Hakim Yanto menyebut, Irvanto memang berhak membantah keterangan para saksi. Namun demikian, Ir…

BERITA LAINNYA