RUU Pemilu Segera Diputuskan

M Sholahadhin Azhar    •    Selasa, 21 Mar 2017 15:12 WIB
revisi uu pemilu
RUU Pemilu Segera Diputuskan
Wakil Ketua Pansus Pemilu, Riza Patria. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: DPR segera merampungkan Revisi Undang-Undang Pemilihan Umum (RUU Pemilu). DPR optimistis aturan baru tersebut selesai tepat waktu.
 
"Kita akan lakukan rapat lanjutan pansus (panitia khusus) yang akan kami bahas tentu agenda pembahasan pansus dalam masa sidang periode ini," kata Wakil Ketua Pansus Pemilu, Riza Patria di Gedung DPR, Jakarta, Selasa 21 Maret 2017.
 
Pada masa sidang sebelumnya, pansus telah mengerucutkan lima dari 18 isu strategis. Detailnya, Presidential Threshold, Parlementery Threshold, konversi suara ke kusi, sistem pemilihan legislatif apakah terbuka atau tertutup dan penambahan jumlah kursi DPR.
 
Saat ini tinggal 13 isu yang belum dikerucutkan, di antara syarat umur bagi anggota KPU - Bawaslu, ketentuan jumlah personel dan lainnya.
 
Untuk diketahui, batas terakhir disahkannya UU Pemilu hasil revisi, yakni Juni 2017. Waktu tersebut menurut Pemerintah sesuai dengan perhitungan persiapan penyelenggaraan Pemilu. Setidaknya 22 bulan sebelum Hari H Pemilihan Presiden di 2019 mendatang.
 
Dikatakan Riza, pembahasan 13 isu sisanya masuk skala prioritas pansus. "Ya, kita akan usulkan kita harus putus," katanya.


(FZN)