Peran DPR Menyelamatkan Generasi Muda dari Narkoba

Gervin Nathaniel Purba    •    Rabu, 13 Sep 2017 19:09 WIB
berita dpr
Peran DPR Menyelamatkan Generasi Muda dari Narkoba
Foto: dok DPR

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekretaris Jenderal DPR Achmad Djuned mengapresiasi 136 peserta Parlemen Remaja. Parlemen Remaja merupakan program pendidikan politik amanah dari International Parliamentary Union (IPU), asosiasi parlemen dunia.

"Adik-adik merupakan orang terpilih. Dari 6.800 yang mendaftar, kalian yang berhasil sampai di sini," kata Djuned saat menemui peserta parlemen dunia, Rabu 13 September 2017.
 
Setiap anggota IPU bisa memberikan pendidikan politik kepada generasi muda melalui berbagai kegiatan. DPR RI memilih menyelenggarakan Parlemen Remaja yang sudah dimulai sejak 2008.
 
Djuned menjelaskan, pendidikan politik sebenarnya tanggung jawab partai politik dalam mendidik dan membina kader. Namun, sejauh ini ia menilai, peran partai politik dalam mendidik kader belum optimal.

Karena itu, Sekretariat Jenderal dan Badan Keahlian DPR bertangung jawab melaksanakan amanah IPU. Tema Parlemen Remaja 2017: Peran Parlemen Dalam Menyelamatkan Generasi Muda Dari Ancaman Narkoba.

Dalam acara ini, peserta mendapat simulasi dan penjelasan tentang DPR sebagai lembaga politik  menjalankan peran dan fungsinya dalam bernegara. Djuned mengatakan, DPR memiliki peran sangat strategi dalam menyelematkan generasi muda dari ancaman narkoba.

"Fungsi legislasi, DPR akan membuat regulasi untuk bisa menyelamatkan generasi muda dari narkotika. Sisi anggaran, DPR berperan besar dalam menentukan APBN untuk hal yang berkaitan dengan penanggulangan narkoba dan obat terlarang. Fungsi terakhir yaitu pengawasan, baik mengawasi anggaran maupun kebijakan pemerintah," pungkas Djuned.


(TRK)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

3 hours Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA