Sipol Syarat Peserta Pemilu 2019

Nur Azizah    •    Jumat, 15 Sep 2017 12:49 WIB
pemilu serentak 2019
Sipol Syarat Peserta Pemilu 2019

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum mewajibkan partai politik untuk mengisi data di sistem informasi partai politik (sipol) bila ingin menjadi peserta pemilu 2019. Sipol untuk mengidentifikasi kemungkinan data ganda keanggotaan partai.

"Ini persyaratan parpol untuk daftar sebagai peserta pemilu," kata Komisioner KPU Hasyim Asy'ari  di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat 15 September 2017.

Menurut dia, sipol penting lantaran seluruh data yang telah diinput bakal dicetak dan ditandatangani masing-masing pimpinan parpol. Bila tidak mengisi sipol, parpol tidak akan memiliki dokumen tercetak.

"Dokumen tercetak itu sudah menjadi standar yang dibuat KPU. Demikian juga soal format data anggota parpol," ungkap dia.

Setelah data sipol dicetak, anggota parpol harus melampirkan fotokopi kartu anggota dan kartu tanda penduduk. Berkas-berkas tersebut kemudian diserahkan ke KPU kabupaten atau kota.

Pengisian sipol dimulai pada Senin 18 September. Sementara itu, pendaftaran parpol dibuka mulai 3 Oktober 2017 hingga dua minggu ke depan.

"Bagi peserta yang ingin mendaftar diharapkan segera mengisi sipol, agar kesempatan untuk input data makin panjang," pungkas dia.


(OGI)

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

Golkar Tetap Bersiap untuk Pilkada Walau Badai Menghadang

51 minutes Ago

Partai Golkar tengah diterjang badai saat Ketua Umum Setya Novanto ditahan karena tersandung ka…

BERITA LAINNYA