Pemerintah Serahkan Gedung Lama KPK

Achmad Zulfikar Fazli    •    Kamis, 22 Sep 2016 18:39 WIB
gedung baru kpk
Pemerintah Serahkan Gedung Lama KPK
Gedung KPK (Foto: MTVN/Yogi Bayu Aji)

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah yang diwakili Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyerahkan gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kepada Lembaga Antikorupsi. Gedung yang terletak di Jalan H. R. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, kini sepenuhnya menjadi milik KPK.
 
"Pada hari ini kami dengan sangat senang hati dan bangga bisa menyerahkan gedung yang sangat bersejarah ini yang memiliki nilai yang luar biasa, dari sejarah Republik Indonesia mengenai penegakan korupsi sebagai gedung yang akan dikelola penuh oleh KPK," kata Ani, Kamis (22/9/2016).
 
Gedung berada di kavling C1 ini seharusnya diserahkan kepada negara setelah KPK memiliki gedung baru yang terletak di Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan. Namun, pimpinan KPK meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk tetap bisa menggunakan gedung lama.


 
Ani menyakini gedung tersebut bakal digunakan semaksimal mungkin oleh KPK terutama dalam kegiatan-kegiatan pelatihan. Selain itu, kata dia, gedung tersebut dapat dimanfaatkan untuk memberikan inspirasi kepada generasi muda dan negara lain mengenai upaya pemberantasan korupsi.
 
Ketua KPK Agus Rahardjo mengakui, Pemerintah telah menyerahkan gedung yang terletak di kavling C1 itu untuk dikelola KPK. "Gedung ini menjadi aset KPK, dikelola oleh KPK," ujar Agus.
 
KPK sudah menempati gedung bekas Bank Papan Sejahtera itu sejak 2007. Sebelumnya menempati gedung di Jalan IR H Juanda pada 2003. Satu tahun kemudian KPK pindah ke gedung Dewan Pertimbangan Agung di Jalan Veteran, Jakarta Pusat, sampai 2007.


 


(FZN)

Video /