NasDem Belum Bersikap di Pilgub Jateng

M Rodhi Aulia    •    Jumat, 13 Oct 2017 20:25 WIB
pilgub jateng 2018
NasDem Belum Bersikap di Pilgub Jateng
Wakil Ketua Fraksi NasDem Johnny G. Plate. Foto: MI/Susanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Partai NasDem sudah bersikap di di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) dan Jawa Timur. Namun, partai bentukan Surya Paloh itu belum bersikap di Pilgub Jawa Tengah.
 
"Kami mengamati dulu bagaimana kehebohan di Jateng. Kebiasaan NasDem pasti yang paling cepat. Tapi kami tidak berarti cepat dan salah. Kami perlu cepat dan tepat," kata Sekjen Partai NasDem, Johnny G. Plate di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat 13 Oktober 2017.

Baca: NasDem Dukung Bakal Cagub Jateng yang Pro-Jokowi

Johnny mengatakan, pihaknya bertarung untuk menang. Keputusan untuk memilih petarung harus dilakukan secara seksama dan mempertimbangkan banyak hal.
 
"Untuk Jateng belum terlambat. Kan masih ada bulan Februari. Karena proses politik di Jateng itu anatominya berbeda dengan Jatim dan Jabar," ujarnya.
 
Kemudian, kekuatan sosial dan politik di Jateng juga berbeda. Termasuk gaya politik dan membangun koalisi di Jateng.
 
"Makanya belum ada (parpol) yang definitif kan. Di Jatim dan Jabar sudah ada. Di Jateng siapa yang bilang pasti? Karena memang punya anatomi yang berbeda. Kami ikuti dan hormati itu," katanya.

Baca: NasDem Masih Menjajaki Cagub Jateng

Partai NasDem telah memutuskan mendukung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil untuk maju di Pilgub Jabar 2018. Selanjutnya, NasDem juga memutuskan mendukung Khofifah Indar Parawansa untuk maju di Pilgub Jatim 2018.
 
"Jatim ini tidak saja strategis untuk kepentingan Jatim. Tapi kebijakan-kebijakannya berdampak pada kawasan Indonesia Tengah dan Timur. Karena Surabaya adalah pintu gerbang ke perekonomian Indonesia Tengah dan Timur dan ke Barat yang konsentrasi penduduknya besar," ujarnya.




(FZN)