JK: Kabupaten-Kota Disuntik Rp100 miliar Tahun Depan, Syaratnya...

Suci Sedya Utami    •    Jumat, 01 May 2015 02:07 WIB
ekonomi indonesia
JK: Kabupaten-Kota Disuntik Rp100 miliar Tahun Depan, Syaratnya...
Wakil Presiden Jusuf Kalla--Antara/Yusran Uccang

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemerintah berniat untuk memberi tambahan dana transfer daerah bagi Kabupaten/Kota sebesar Rp100 miliar rupiah tahun depan. Namun, bukan perkara yang mudah untuk bisa mendapat dana tersebut.

Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla mengingatkan selain indikator yang telah disebutkan Presiden Joko Widodo, masih ada prasyarat yang lebih untuk dipenuhi.

"Tapi jangan lupa itu ada syarat pertumbuhan ekonominya harus 7 persen," terang JK ditemui di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis (30/4/2015).

Artinya, dana tambahan dengan nilai fantastis tersebut belum bisa dicairkan bila angka 7 persen tidak bisa dicapai. 

Tidak sepele memang. Dalam Rancangan Kerja Pemerintah (RKP) 2016 yang diusulkan Bappenas saja, pertumbuhan naik tapi masih berkisar di 6,4-6,6 persen. Sementara angka yang diajukan Kementerian Keuangan lebih konservatif, yakni 5,8-6,6 persen.

"Kita lihat perkembangan dan keadaan ekonomi kita bagaimana ya. Tapi harus optimis, tahun depan capai itu kalau kerja keras," ujarnya.

Sehari sebelumnya, Presiden Jokowi mengulang kembali pernyataan soal penambahan transfer untuk Kabupaten/Kota sebesar Rp100 miliar. Dalam acara Musrembangnas Presiden Jokowi memaparkan beberapa indikator yang menjadi syaratnya.

"Indikator tata kelola, baik audit BPK, tingkat korupsi di Kabupaten/Kota, kemudian indikator pendidikan dan kesehatan akan kita lihat. Lalu luas wilayah dan jumlahh penduduk yang kecil dan besar berbeda dapat besarnnya," jelas Jokowi.


(SUR)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

11 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA