Tugu Dwi Kora di Nunukan Kalah Pamor dengan Kolam Ikan

Intan fauzi    •    Jumat, 01 May 2015 09:07 WIB
daerah
Tugu Dwi Kora di Nunukan Kalah Pamor dengan Kolam Ikan
Tugu Dwi Kora berdiri tegak dan menjadi lambang Kabupaten Nunukan--MTVN/Intan Fauzi

Metrotvnews.com, Nunukan: Tugu Dwi Kora yang terletak di Jalan Alun-Alun Kota, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, merupakan bukti sejarah perjuangan Indonesia untuk Kalimantan.

Tahun 1961, Malaysia ingin menggabungkan Brunei, Serawak, dan Sabah dalam Persekutuan Tanah Melayu. Hal tersebut ditentang oleh Presiden Soekarno. Selanjutnya terjadi Konfrontasi antara Indonesia dan Malaysia dari tahun 1962-1966.

Namun sejarah tugu yang mengingatkan sejarah Operasi Dwi Kora, komando perang terhadap Malaysia, kini hanya bernilai seperti onggokan batu semata.

Terlihat sepi. Begitulah kondisi Tugu Dwi Kora sore ini.

Tugu Dwi Kora yang tingginya kurang lebih lima meter ini berdiri di antara dua ikon kekuatan militer, tank dan meriam. Di depannya terletak rekaman sejarah perjuangan berupa enam foto-foto yang berjajar.

Tepat di seberang Tugu Dwi Kora, anak-anak justru terlihat sibuk mencari memberi makan ikan. Memang ada kolam di dalam alun-alun yang mengelilingi tugu Dwi Kora. Anak-anak di sekitar kolam tampak gembira, tak acuh dengan tugu yang menjadi lambang Kabupaten Nunukan.

"Ambil satu (bungkus makanan ikan) Kak! Ikut kasih makan ikan," ajak seorang anak, Kasih (6), kepada Metrotvnews.com. 

Sama seperti anak lainnya, Siti (11), tertarik melihat ratusan ikan berkumpul menunggu diberi makan. "Asik, Kak! Ikannya banyak," ujar Siti.

Siti sendiri tak tahu tentang Tugu Dwi Kora yang bertengger tak jauh dari kolam ikan. "Aku enggak tahu itu apa, sepi soalnya. Tapi pernah ke sana lihat-lihat. Sekarang lupa," tuturnya.

Jadi tugas kita penerus generasi sebelumnya, untuk menyambungkan sejarah ke generasi berikutnya.

Ingat kata Soekarno. Jas Merah! Jangan sekali-kali melupakan sejarah!


(SUR)

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

Anies Baswedan Dukung Anti Kekerasan Perempuan

1 hour Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara deklarasi …

BERITA LAINNYA