Intel Skylake Jadi Prosesor Generasi ke-6

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 01 May 2015 10:46 WIB
intel
Intel Skylake Jadi Prosesor Generasi ke-6
Prosesor PC Intel. foto: VR Zone

Metrotvnews.com: Produsen prosesor Intel tampaknya menjadi bahan perbincangan di internet terkait satu arsitektur terbaru mereka. Sejauh ini, rumor mengatakan bahwa mereka mempersiapkan Skylake, yang kemungkinan besar merupakan arsitektur generasi ke-6 untuk prosesor PC. Namun, tanggal ketersediaan di pasar masih harus menunggu kehadiran Broadwell.

Sejauh ini, Intel Skylake belum memiliki varian khusus untuk penggemar PC. Intel Core i7-6700K disinyalir menjadi prosesor flagship, penerus dari i7-4770K dan i7-4790K. Sementara itu, Core i5-6600K merupakan suksesor yang siap menggantikan i5-4670K dan i5-4690K. Kedua prosesor tersebut akan menggunakan tekonologi silikon Skylake-D.

Intel Core i7-6700K adalah prosesor quad-core dengan teknologi HyperThread untuk pengoperasian layaknya delapan inti prosesor. Kita bisa berasumsi bawha kecepatan normal yang ditawarkan berada pada @4.00 GHz, atau @4.20 GHz saat menggunakan mode Turbo Boost. Dari segi RAM, prosesor ini mendukung dua konfigurasi DDR3 dan DDR4.

Artinya, Intel sudah memberikan lampu hijau kepada konsumen untuk bermigrasi ke DDR4. Di sisi lain, jika membandingkannya dengan Intel Haswell, Intel Skylake memiliki konsumsi daya yang tergolong tinggi. Intel Skylake memiliki konsumsi daya maksimum atau TDP hingga 95W, sementara Intel Haswell hanya memerlukan daya maksimum hingga 88W untuk beroperasi.

Sebagai bahan perbandingan, Anda bisa melihat performa dari beberapa varian Intel Skylake yang dirilis oleh FRM di bawah ini.


 


(ABE)