Biaya Pembuatan Apple Watch Sport Hanya Seperempat dari Harga Jualnya

Insaf Albert Tarigan    •    Jumat, 01 May 2015 10:33 WIB
apple watch
Biaya Pembuatan Apple Watch Sport Hanya Seperempat dari Harga Jualnya
Apple Watch Sport

Metrotvnews.com: Biaya pembuatan Apple Watch Sport hanya USD84, atau sekitar seperempat dari harga jualnya. Hal tersebut disampaikan IHS Technology sesudah melihat material pembuat Apple Watch.

Perusahaan riset tersebut mengatakan, harga komponen di dalam Apple Watch termasuk paling murah dibandingkan harga ritelnya. IHS memang secara rutin membongkar dan memperkirakan biaya pembuatan produk Apple. Sebagai gambaran, harga komponen Apple Watch Sport adalah sekitar USD81.20, sedangkan harga jualnya mencapai USD349 atau selisih 76 persen.

Hal ini berbeda dengan pernyataan CFO Apple Luca Maestri dalam pertemuan dengan investor pada Maret lalu bahwa margin Apple Watch akan lebih kecil dari rata-rata produk Apple lainnya yang mencapai 40 persen.

Selain Apple Watch, IHS juga pernah meneliti iPad Air 2, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus. Mereka menemukan bahwa margin biaya pembuatan dengan harga ritel masing-masing mencapai 45 persen untuk iPhone, dan 70 persen untuk iPad.

Meski demikian, sudah awam diterima bahwa harga ritel produk tak selalu harus selisih tipis dengan biaya pembuatannya. Sebab, bagi perusahaan sekelas Apple, biaya terbesar justru pada riset. Sebagai gambaran, Wakil Presiden Apple Jony Ive mengaku membutuhkan waktu dua tahun hanya untuk memutuskan desain Apple Watch.


(ABE)