Tim Evakuasi Tiba di Nepal, 3 WNI yang Hilang Langsung Dicari

Fajar Nugraha    •    Jumat, 01 May 2015 10:48 WIB
gempa nepal
Tim Evakuasi Tiba di Nepal, 3 WNI yang Hilang Langsung Dicari
DubesIuntuk Bangladesh dan Nepal serahkan bantuan kemanusiaan (Foto: DOK. Direktorat PWNI/BHI Kemlu)

Metrotvnews.com, Kathmandu: Tim Bantuan Kemanusiaan dan Evakuasi WNI tiba di Kathmandu, Nepal dengan pesawat B 737-400 TNI AU pada 30 April 2015. Proses pencarian terhadap WNI yang hilang pun langsung diintensifkan.
 
Tim dipimpin langsung oleh Duta Besar RI di Dhaka, Bangladesh Iwan Wiranataatmadja, yang didukung Tim utama dari Kemlu, TNI AU dan BNPB. Tim juga mengikutsertakan dua anggota Tim DVI POLRI dan wakil dari THC.
 
Segera setelah tiba di Kathmandi, tim langsung menyerahkan bantuan kemanusiaan tahap I kepada Pemerintah Nepal. Bantuan itu berupa satu ton makanan kaleng siap saji dari TNI AU.
 
"Kami akan melakukan semua upaya yang memungkinkan untuk mencari dan mengevakuasi WNI. Pada tahap awal Tim Kemlu dan BNPB sudah melakukan koordinasi dengan Tim Internasional yang dipimpin Nepal dalam rangka intensifikasi pencarian dan evakuasi WNI", ujar Duta Besar Iwan Wiranataatmadja, dalam keterangan tertulis yang diterima Metrotvnews.com, Jumat (1/5/2015).
 
Selain itu, tim Evakuasi WNI Nepal Kemlu telah mendirikan Posko Pencarian dan Evakuasi WNI di Nepal yang bertempat di Kathmandu Guest House (KGH), Thamel, Kathmandu. Semua WNI di Nepal yang dapat menjangkau Posko Pencarian dan Evakuasi dapat langsung menuju ke KGH. KGH berada pada titik koordinat N 27'42'54.6" dan E 085'18'33,7".
 
Adapun WNI yg tidak dapat menjangkau Posko tersebut dapat menghubungi call center Tim Pencarian dan Evakuasi WNI Nepal di nomor  +977 981 0142385, +977 980 8385299 dan +977 9810 142388.
 
Duta Besar Iwan telah menunjuk Kolonel (pnb) Indan dari TNI AU untuk mengkoordinasikan tim kecil bersama Tim Kemlu, operator pendakian Himalaya Experience dan wakil THC untuk fokus pada upaya pecarian dan evakuasi tiga WNI atas nama Alma Parahita, Kadek Andana dan Jeroen Hehuwa. Pencarian akan dilakukan melalui jalur udara menggunakan helikopter. 
 
Ketiga WNI tersebut sudah diketahui perkiraan lokasinya, akan tetapi blm dapat dikontak dan ditemukan hingga saat ini, meskipun telah dilakukan pencarian menggunakan helikopter sebanyak sembilan sorti.



(FJR)