Panduan Mengatur Porsi Makan Untuk Penderita Diabetes

Nia Deviyana    •    Jumat, 01 May 2015 11:37 WIB
diabetes
Panduan Mengatur Porsi Makan Untuk Penderita Diabetes
Foto: flavorsdiet.com

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah mengkonsumsi makanan atau salah menakar porsi menjadi ketakutan umum yang dirasakan penderita diabetes.

Tak jarang, penderita diabetes melakukan diet keras atau menghindari makanan tertentu seperti lemak dan karbohidrat agar gula darah tidak naik.

Seperti dijelaskan dalam buku Diabetes and Me, cara tersebut adalah salah besar. Bagaimanapun, tubuh manusia butuh asupan makanan untuk diolah sebagai energi. Lantas, seberapa besar takaran yang dibutuhkan seorang penderita diabetes? Itu semua tergantung berat tubuh dan kondisi kesehatan.

Dalam hitungan kasar, kebutuhan kalori seorang penderita diabetes mengacu pada panduan ini:

Kurus:   2.300-2.500 kkal
Normal: 1.700-2.100 kkal
Gemuk:  1.300-1.500 kkal

Namun, untuk panduan mudahnya, Anda sebenarnya bisa mengatur porsi makan sehat hanya dengan menggunakan telapak tangan Anda. Berikut panduannya.

Buah dan sayuran
Porsi sayuran dan buah sekali makan yang disarankan sekiranya kurang lebih sama besar dengan kepalan tangan Anda atau seukuran dengan bola baseball.

Daging sapi, ikan, dan ayam
Berat 1 porsi daging yang boleh dikonsumsi kurang lebih 3 ons atau seukuran telapak tangan Anda (tidak termasuk ukuran jari).

Pasta atau nasi
Porsi pasta atau nasi yang pas untuk penderita diabetes adalah seukuran bola tenis atau maksimal seukuran kepalan tangan.

Selai kacang
Porsi selai kacang yang disarankan adalah 2 sendok makan atau seukuran bola ping pong. Satu ruas ibu jari Anda juga bisa jadi patokan porsi selai kacang yang tepat.

Buah-buahan yang dikeringkan
Porsi buah kering yang disarankan untuk penderita diabetes adalah sekitar seukuran telur.

Kentang
Porsi kentang panggang (tanpa tambahan keju yang penuh kalori) yang disarankan untuk penderita diabetes adalah sekitar ukuran mouse komputer.

Pancake
Porsi pancake yang disarankan untuk penderita diabetes adalah seukuran cakram CD, tidak boleh lebih.

Minyak
Penggunaan minyak yang terlalu banyak bisa merusak nutrisi dari sajian yang Anda nikmati. Porsi minyak yang disarankan untuk digunakan dalam tiap sajian adalah satu sendok teh atau sekitar satu ruas ibu jari.

Keju
Porsi keju yang aman dikonsumsi adalah seukuran ibu jari Anda.

Es krim
Terlalu banyak es krim tentu tak baik untuk kesehatan dan berat badan. Menikmati seporsi es krim seukuran separuh kepalan tangan Anda sudah cukup.


(AWP)