OJK Sebut Ada 19.334 LKM Belum Berbadan Hukum

Annisa ayu artanti    •    Jumat, 01 May 2015 15:23 WIB
lembaga keuangan mikro
OJK Sebut Ada 19.334 LKM Belum Berbadan Hukum
Ilustrasi OJK -- ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Bandung: Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyarankan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) yang belum berbadan hukum agar tahun depan sudah berbadan hukum.

Kepala Pengembangan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) OJK, Harsbur Peridia, mengatakan berdasarkan inventarisisai OJK sampai saat ini terdapat 19.334 lembaga mikro yang belum berbadan hukum.

"Belum berbadan hukum berdasarkan naskah akademik 637 ribu. Yang belum berbadan hukum, inventarisasi kerja sama dengan BRI Mendagri mencatat 19 ribu," kata Peridia, dalam diskusi Lembaga Keuangan Mikro, di Aula Masjid UK-khuwah, Jalan Aceh, Bandung, Jumat (1/5/2015).

Peridia mengatakan hal ini membuat OJK memaksimalkan transformasi tersebut dengan mengadakan proses perizinan usaha bagi lembaga-lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat atau simpanan wajib baik yang akan membuat perizinan baru maupun pengukuhan.

"Perizinan baru adalah perizinan untuk LKM yang baru dimulai 8 Januari 2015. Perizinan baru ini waktunya tidak terbatas. Bisa menyampaikan izin LKM ke OJK sampai kapan pun. Tapi kalau LKM lama atau berdiri sebelum 8 Januari 2015 itu melalui proses pengukuhan. Dengan tenggat waktu 8 Januari 2015 sampai 8 Januari 2016," jelas dia.

Bentuk Badan Hukum dan Kepemilikan, jelas Peridia, untuk Perseroan Terbatas (PT) kepemilikan saham paling sedikit 60 persen dimiliki Pemda/Kab/Kota, sisanya 40 persen saham dapat dimiliki oleh WNI dan atau koperasi.

"PT, kepemilikannya 60 persen dimiliki pemda atau Bumdes, sisa 40 persen saham untuk WNI dan koperasi. Kalau WNI saja maksimal 20 persen," papar dia.


(AHL)

Tanpa Djarot, Ahok Serasa Main Tunggal
Debat Final Pilkada DKI di Mata Najwa

Tanpa Djarot, Ahok Serasa Main Tunggal

48 minutes Ago

Ahok beranggapan, dalam debat tersebut seakan main bulutangkis tunggal. Lantaran dirinya harus …

BERITA LAINNYA