Buruh Bawa Boneka 'Berpistol' ke Gedung Sate

Ismail, Jaenal Mutakin    •    Jumat, 01 May 2015 15:48 WIB
may dayhari buruh
Buruh Bawa Boneka 'Berpistol' ke Gedung Sate
Buruh membawa boneka yang dibuat menyerupai seorang pengusaha dengan membawa pistol ke Gedung Sate. Foto: Ismail

Metrotvnews.com, Bandung: Setelah sekitar 200 orang buruh yang tegabung dalam Gabungan Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (GOBSI) berorasi di depan Gedung Sate, kini giliran serikat buruh dari Konfederasi Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) Jawa barat yang datang ke Gedung Sate. Mereka berjalan kaki dari Monumen Perjuangan ke Gedung Sate, Bandung Jawa barat.

Para pendemo yang didominasi kaum perempuan itu mengenakan kemeja berwarna merah dengan penutup kepala berwarna kuning. Kemudian mereka beriringan berjalan sambil membawa bendera dan juga ada dari mereka yang membawa boneka yang dibuat menyerupai seorang pengusaha dengan membawa pistol.

Selain itu, sejumlah buruh dari organisasi dan serikat buruh lainnya pun turut berdatangan untuk menyuarakan hak-hak buruh.

Sementara, ratusan anggota polisi masih tetap berjaga-jaga di di depan gedung sate untuk mengamankan jalannya aksi demontrasi.

Sebelumnya, ribuan buruh dari KASBI berunjuk rasa di depang Gedung DPRD. Mereka menyuarakan aspirasinya dengan berorasi dan menyanyi. Dua mobil disiapkan untuk membawa sound sistem dan alat musik drum.

Pada orasinya, para buruh meminta agar pemerintahan Jokowi menurunkan harga BBM, dan gaji pokok agar dinaikan, serta kesejahteraan karyawan ditingkatkan. Buruh, lanjut mereka, adalah patner perusahaan.




(BOB)