Spotify: Fans Metal, Pendengar Musik Paling Setia di Dunia

Adi Waluyo    •    Jumat, 01 May 2015 16:01 WIB
spotify
Spotify: Fans Metal, Pendengar Musik Paling Setia di Dunia
Foto: metallica.com

Metrotvnews.com: Semua penggemar musik memiliki genre favorit - jenis musik yang paling beresonansi dengan selera pribadi, dan akan terus didengar berulang kembali.

Penggemar hip hop, metalheads, penggemar Electronic Dance Music (EDM), penggemar country, rocker, pecinta reggae, dan sebagainya mungkin mencoba-coba menikmati genre musik yang lain, karena ada terlalu banyak musik yang menakjubkan di luar sana. Namun pada akhirnya, mereka akan kembali ke musik favoritnya.

Lantas, apakah penggemar suatu genre akan kembali ke musik favorit mereka lebih dari penggemar genre yang lain? Dan genre musik apa yang paling menginspirasi loyalitas pendengar?

Untuk mengetahuinya, Spotify pertama kali mengidentifikasi artis-artis 'inti', menurut The Echo Nest (bagian dari Spotify), yang paling berpengaruh dalam setiap genre. Dimulai dengan yang besar, pada tingkat global. Kemudian melakukan penilaian yang sama pada genre lokal di berbagai negara di seluruh dunia.

Untuk membuat ukuran loyalitas setiap genre, Spotify membagi jumlah aliran masing-masing yang dimiliki artis inti berdasarkan jumlah pendengar mereka. Seluruh grafik menggambarkan setiap genre dengan penggemar paling setianya.


Foto: Spotify

Hal pertama yang ditemukan oleh Spotify, penggemar musik Metal adalah pendengar paling setia di dunia.

Setelah Metal dan Pop, sisa genre terbagi menjadi dua kelompok. Penggemar Folk, Country, dan Rock memiliki skor loyalitas yang tinggi, Hip Hop juga cukup tinggi. Sementara Jazz, EDM, Klasik, dan Blues memiliki skor loyalitas yang tidak tinggi, menunjukkan bahwa pendengar mereka tidak terlalu fanatik terhadap artis-artis inti dari genre yang mereka sukai.

Sebagai catatan, Reggae duduk di antara dua kelompok tersebut.

Selain kesimpulan yang jelas bahwa penggemar metal adalah penggemar yang paling setia dari semua genre, penggemar Pop juga cukup setia secara global.

Spotify juga dapat menyimpulkan, bahwa sebuah genre yang semakin berorientasi pada gitar (permainan gitar yang menonjol) akan lebih menginspirasi loyalitas pendengar.

Perlu diingat metodologi yang digunakan Spotify, mereka mencari musik apa yang terus didengar berulang kali untuk artis inti dari setiap genre - yang menjadi pusat setiap genre.

Jadi bisa juga disimpulkan bahwa dalam musik Jazz, EDM, Klasik, dan Blues, penggemar musik genre-genre tersebut juga mendengarkan musik dari artis-artis lain yang tak terlalu populer.

Ini tidak berarti musik Metal adalah 'lebih baik' dari Jazz (bahkan metalheads pun tidak akan setuju), tetapi penelitian ini jelas menyimpulkan bahwa penggemar Metal sebenarnya yang paling hardcore, menurut ukuran dalam penelitian loyalitas genre ini.

Hal lain yang menarik, dalam penelitian yang sama secara lokal (tiap negara). Sebuah genre yang tumbuh 'asli' di suatu negara juga cenderung menginspirasi loyalitas pendengar. (Spotify)


(AWP)