Kenaikan Upah Harus Realistis

Wibowo    •    Jumat, 01 May 2015 16:50 WIB
upah
Kenaikan Upah Harus Realistis
Ilustrasi. ANTARA FOTO/R. Rekotomo

Metrotvnews.com, Jakarta: Usulan kenaikan upah sebesar 32 persen merupakan hak normatif buruh. Hal itu mempertimbangkan inflasi serta potensi peningkatan harga barang.

Meski demikian, besar kenaikan upah tetap harus dipertimbangkan karena besarannya akan ditolak pengusaha. "Kenaikan upah sebesar 32 persen tidak realistis menurut saya," kata Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI), Timboel Siregar ketika dihubungi, Jumat (1/5/2015).

Jadi besaran kenaikan upah sebaiknya memang harus dipertimbangkan secara bijak oleh serikat buruh akan eksistensi industri mendatang.

Dia mengatakan, OSPI mendorong sejumlah serikat pekerja untuk menuntut yang sesuai. Dengan mempertimbangkan besaran inflasi, pertumbuhan perekonomian, dan kemampuann perusahaan, kenaikan upah buruh sebesar 15 persen dianggap ideal.

Kenaikan upah buruh sebesar 32 persen akan membebani perusahaan. "Kalau mereka (perusahaan) tutup, jumlah pengangguran naik, kita (buruh) salah juga," ucapnya.

Menurutnya, kenaikan besaran upah menjadi perdebatan antara pengusaha dan pekerja bahwa buruh menuntut kenaikan upah dalam skala besar, sedangkan pengusaha meminta rendah. Untuk itu pemerintah perlu berperan untuk menemukan solusi. Seperti mensubsidi kebutuhan buruh, antara lain perumahan, pangan, dan transportasi. "Ini bagian dari proses menyelesaikan pertikaian antara buruh dan pengusaha," ungkapnya.

Selain itu, pemerintah juga harus memperbaharui komponen Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dengan merevisi Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No 13 Tahun 2012 tentang Komponen dan Pelaksanaan Tahapan Pencapaian Kebutuhan Hidup Layak. Sesuai pernyataan Presiden Joko Widodo akan upah layak, pekerjaan layak, dan hidup layak.


(WID)

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

Warga Jatinegara Beri Sumbangan Dana Kampanye untuk Agus

12 hours Ago

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Yudhoyono mendapatkan sumbangan dari warga saat berkampanye di …

BERITA LAINNYA