Buruh Tuntut tak Ada Lagi PHK karena Karyawan Perempuan Hamil

Ismail    •    Jumat, 01 May 2015 17:07 WIB
may dayhari buruh
Buruh Tuntut tak Ada Lagi PHK karena Karyawan Perempuan Hamil
Ilustrasi: Ismail

Metrotvnews.com, Bandung: Lebih dari 3.000 buruh menuntut perusahaan lebih memperhatikan hak-hak mereka, terutama hak buruh perempuan. Hal tersebut diserukan ketika berdemonstrasi di depan Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat.

"Kami memandang hak-hak buruh sampai saat ini masih dikebiri oleh perusahaan-perusahaan besar yang mempekerjakan para buruh," ujar Sekertaris KASBI Cimahi, Dadan, kepada Metrotvnews.com, Jumat (1/5/2015).

Menurut dia, buruh di Indonesia yang mayoritas adalah kaum perempuan perlu mendapat perhatian serius. Pasalnya, masih ada perusahaan yang kerap memutuskan hubungan kerja karena karyawan perempuan hamil.

"Perempuan harus dilindungi, seperti diberikan cuti haid, cuti hamil serta diberikan gaji yang layak, bukan malah di-PHK gara-gara hamil, dan itu masih ada terjadi di negara kita ini," kata dia.

Buruh yang turut berdemonstrasi di Gedung Sate merupakan gabungan buruh dari lima kabupaten/kota, di antaranya dari Kabupaten Sumedang, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, Kota Bandung dan Kabupaten Garut.

 


(BOB)