Pantau Demo Buruh, Polisi Siagakan 12 Kamera Terbang

Amaluddin    •    Jumat, 01 May 2015 19:31 WIB
may dayhari buruh
Pantau Demo Buruh, Polisi Siagakan 12 Kamera Terbang
Sedikitnya 12 kamera terbang (drone) yang disebar di lima titik rawan yang dilalui ribuan buruh khususnya di Surabaya, Jawa Timur. Foto: Amaluddin

Metrotvnews.com, Surabaya: Sedikitnya 12 kamera terbang (drone) yang disebar di lima titik rawan yang dilalui ribuan buruh khususnya di Surabaya, Jawa Timur. Tujuannya, polisi tidak ingin kebobolan terhadap hal-hal yang tidak diinginkan, sehingga bisa terus memantau pergerakan buruh yang menggelar unjuk rasa.

"Selain itu, ada 24 personel operator alat ini yang kami siagakan," kata Kasatlantas Polrestabes Surabaya, AKBP Made Agus Prasetya, kepada wartawan di depan kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan Surabaya, Jumat (1/5/2015).

Dia menjelaskan lima titik yang dianggap rawan itu yakni, di Jalan Pahlawan, keluar Tol Dupak-Demak, Jalan Raya Darmo depan Kebun Binatang Surabaya, Jalan Basuki Rahmat depan pertigaan Jalan Kombes Pol M Duryat dan Jalan Embong Malang.

Selain memantau pergerakan buruh, kata dia, alat yang dilengkapi baling-baling seperti pesawat kecil itu digunakan untuk merekam arus lalu lintas maupun memotretnya.

"Hasilnya dikirim melalui gadget kepada operator dan langsung bisa ditindaklanjuti oleh pihak yang berkepentingan," katanya.

Sementara itu, aksi buruh di Surabaya berpusat di depan kantor Gubernur Jatim di Jalan Pahlawan sekitar monumen Tugu Pahlawan.

Sebagian besar buruh berasal dari kawasan Ring I industri Jatim seperti Pasuruan, Mojokerto, Sidoarjo, Gresik, dan Surabaya. Selain meminta dihapuskan sistem kerja outsorching, buruh mendesak pemerintah membubarkan Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) dan meringankan iuran BPJS.

 


(BOB)