Mozilla Dukung Penggunaan HTTPS

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 02 May 2015 11:04 WIB
mozilla firefox
Mozilla Dukung Penggunaan HTTPS
Mozilla menunjukkan dukungannya akan penggunaan HTTPS.

Metrotvnews.com: Pemerintah dan beberapa organisasi internet ingin para pengguna internet untuk selalu menggunakan enkripsi saat mereka menggunakan internet. Salah saatunya adalah Mozilla.

Mozilla telah mengumumkan bahwa mereka berencana untuk membatasi apa yang dapat dilakukan pengguna jika mereka mengakses "web yang tidak aman", dengan kata lain, situs yang tidak menggunakan HTTPS. Hal ini dilakukan Mozilla dengan harapan akan ada lebih banyak pengguna internet yang sadar akan pentingnya menggunakan HTTPS.

Sekarang ini, Mozilla memiliki dua cara untuk melakukan hal ini. Pertama, membuat fitur-fitur baru pada browser Firefox hanya dapat diakses melalui HTTPS. Sebelum melakukan hal ini, Mozilla akan bertanya pada para penggunanya - sama seperti saat mereka bertanya pada penggunanya sebelum mereka memutuskan untuk mendukung penggunaan HTTPS - untuk memutuskan kapan peraturan ini akan berlaku.

Selain itu, mereka juga akan bertanya pada para penggunanya fitur apa sajakah yang penggunaanya akan dibatasi dan hanya bisa digunakan melalui HTTPS.

Cara kedua yang bisa Mozilla lakukan adalah dengan melarang penggunaan fitur-fitur tertentu dari Firefox oleh situs-situs yang tidak menggunakan HTTPS, terutama fitur-fitur yang "mengancam keamanan dan privasi pengguna".

Mozilla sadar bahwa dengan melakukan hal ini, akan ada banyak situs yang akan berhenti menggunakan browser mereka. Karena itulah mereka berjanji mereka akan memonitor keadaan ini. (engadget) 


(ABE)