Ribuan Orang Dilaporkan Masih Hilang Usai Gempa Nepal

Fajar Nugraha    •    Sabtu, 02 May 2015 10:47 WIB
gempa nepal
Ribuan Orang Dilaporkan Masih Hilang Usai Gempa Nepal
Kehancuran di Nepal (Foto: AFP)

Metrotvnews.com, Kathmandu: Korban hilang akibat gempa Nepal hingga saat ini dikabarkan mencapai ribuan orang. Sementara jumlah korban tewas kini sudah menyentuh angkan 6.250 jiwa.
 
Jumlah korban tewas dikhawatirkan akan terus bertambah. Mayat masih terus dievakuasi dari puing bangunan yang hancur akibat gempa berkekuatan 7,8 skala richter (SR) itu. 
 
Pemerintah Nepal menambahkan, jumlah korban terluka mencapai 14.350 jiwa. Di Kathmandu, banyak dari korban yang tidak diketahui identitasnya dikremasi untuk mencegah timbulnya penyakit.
 
Sementara pihak berwenang mengatakan, kemungkinan besar korban tewas yang tidak diketahui identitasnya bisa saja para pekerja dari India. 
 
Warga Eropa juga menjadi salah dari banyak negara yang menjadi korban gempa ini. Sekitara 1.000 warga Eropa masih dilaporkan hilang, dan mereka umumnya melakukan pendakian gunung di Nepal.
 
"Sulit untuk mencari pada pendaki, karena sebagian besar dari mereka tidak melaporkan diri ke kedutaannya," ujar pihak delegasi Uni Eropa di Nepal, seperti dikutip Reuters, Sabtu (2/5/2015).
 
Adapun warga Eropa yang masih hilang berasal dari Prancis, Italia, Spanyol dan Belanda yang totalnya mencapai 371. Sementara masih ada warga lain seperti dari Irlandia, Kroasia dan Rumania yang sudah terlacak.
 
97 warga negara Indonesia (WNI) juga berhasil didata di usai gempa Nepal. Dari 87 yang teridentifikasi, 27 di antaranya sudah keluar dari Nepal.



(FJR)