Hardiknas, Mahasiswa Yogyakarta Nyekar ke Makam Ki Hajar Dewantara

Patricia Vicka    •    Sabtu, 02 May 2015 18:30 WIB
hari pendidikan nasional
Hardiknas, Mahasiswa Yogyakarta Nyekar ke Makam Ki Hajar Dewantara
Aksi tabur bunga dilakukan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional. Foto: Patricia Vicka

Metrotvnews.com, Yogyakarta: Puluhan mahasiswa dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) nyekar ke makam Ki Hajar Dewantara. Aksi tabur bunga dilakukan untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional.

Walau diguyur hujan deras, semangat 40 pelajar ini tak surut untuk menaburkan bunga di atas makam bapak pendidikan bangsa dan istrinya.

Eka, salah satu siswi UNY, mengatakan mereka melakukan aksi damai longmarch sambil membagikan bunga kertas yang berisi kata-kata mutiara pendidikan kepada masyarakat Yogyakarta, sebelum menabur bunga.

"Sejak pagi, kami berkumpul di Stadion Mandala Krida. Lalu kami longmarch melewati Gor Amongrogo, kantor Wali Kota Yogyakarta dan berakhir di Taman Makam Wijaya Brata," ujar mahasiswi semester 4 jurusan Ilmu Filsafat dan Sosiologi Pendidikan UNY ini kepada Metrotvnews.com di Yogyakarta, Sabtu (2/5/2015).

Mereka juga melakukan upacara singkat dan berdoa untuk mantan menteri pendidikan ini. Aksi tersebut dilakukan agar masyarakat Yogyakarta sadar dan peduli dengan pendidikan di Indonesia.


"Saya mulai prihatin dengan pelaksanaan UN yang banyak terjadi kebocoran dan tindakan mencontek. Pendidikan Indonesia kini hanya memperhatikan kognitif siswa. Tapi karakter siswa dinomer sekiankan. Maka kami melakukan aksi ini agar kualitas pendidikan Indonesia semakin membaik," kata wanita berkerudung ini.

Seusai melakukan tabur bunga, mereka mengadakan diskusi dan talkshow pendidikan di samping batu nisan Ki Hajar Dewantara.

Makam Ki Hajar Dewantara terletak di Kompleks Taman Makam Wijaya Brata di Jalan Soga Nomor 16 Taunan, Umbulharjo, Yogyakarta. Ada pula makam para pendiri dan pengurus Taman Siswa.


(BOB)